Budaya Batik di Desa Wisata Sembungan Yuk! | Breaktime
Rekreasi Budaya Batik di Desa Wisata Sembungan Yuk!
28.12.2016

B’timers, Indonesia merupakan negara yang kaya akan limpahan budaya. Maka dari itu, Indonesia amatlah berpotensi untuk mengembangkan warisan-warisan budaya tersebut menjadi sarana wisata, baik bagi turis domestik maupun turis mancanegara.

Nah, di kawasan Yogyakarta, ada lho sebuah desa yang mengelola kebudayaan khas setempat untuk dijadikan objek wisata. Kebudayaan tersebut adalah kebudayaan batik yang memang sudah tersohor ke seluruh dunia. Yap, bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan liburan dengan berwisata budaya batik, Anda bisa menyambangi Desa Wisata Sembungan.

Budaya Batik di Desa Wisata Sembungan Yuk! | Breaktime
batik cantik khas Yogyakarta yang menggoda (cr: kotajogja.com)

Desa Wisata Sembungan adalah sebuah desa yang terletak di kawasan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Desa ini merupakan desa penghasil batik yang juga merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia, yakni menempati ketinggian sekitar 2306 mdpl.

Berkunjung ke desa ini, Anda membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih satu jam lamanya dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanannya bisa dibilang cukup jauh, yakni Anda wajib menempuh perjalanan melewati Bantul Kota hingga berakhiran pada area jembatan Progo hingga ke daerah perbukitan.

Budaya Batik di Desa Wisata Sembungan Yuk! | Breaktime
proses pembuatan batik ala Desa Wisata Sembungan (cr: kotajogja.com)

Sesampainya di sana, Anda pun akan langsung disambut dengan hawa sejuk ala dataran tinggi yang menenangkan. Selanjutnya, Anda bisa segera menengok para penduduk setempat dalam memproses produk batik dengan corak yang khas melalui teknik cap hingga tulis.

Tak hanya dapat menikmati indahnya proses pembuatan kerajinan batik ala Sembungan, Anda juga bisa lho menikmati suasana alam Desa Sembungan yang masih asri nan menyatu dengan alam. Selain itu, Anda dapat berinteraksi dengan para penduduk desa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk batik khas Sembungan yang tiada duanya.

Yuk B’timers langsung meluncur ke Desa Wisata Sembungan Yogyakarta! Hitung-hitung, tak hanya berwisata, Anda jadi juga ikut melestarikan kebudayaan bangsa lho! (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE