Pulau Bair Miniatur Raja Ampat Tenggara Maluku | Breaktime
Pulau Bair: Miniatur Raja Ampat Di Tenggara Maluku
22.02.2017

Memang sulit untuk mengenal Indonesia lebih dalam lagi. Ini karena Indonesia adalah negara dengan banyak pulau, kota, dan wilayah. Pernahkah B’timers mendengar nama kota yaitu kota Tual? Ini adalah sebuah kota di Maluku yang ternyata menyimpan sebuah surge dunia yang mungkin akan membuat Anda ingin sekali pergi ke sana. Yup, namanya adalah Pulau Bair.

Pulau ini masih sangat alami dan asing untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota Tual sendiri masuk dalam Kabupaten Maluku Tenggara. Kota ini memiliki 66 pulau dengan keindahannya masing-masing.

Tak sulit untuk menuju ke Pulau Bair. Sudah pasti hal pertama yang Anda tuju adalah kota Tual. Nah, dari terminal kota Tual Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Desa Dullah dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Setelah sampai di dermaga Desa Dullah Darat, Anda bisa melanjutkan dengan perjalanan laut dan menyewa seep boat. Biaya sewa speed boat adalah Rp 500 ribu. Ini karena Pulau Bair terletak di paling ujung pulau-pulau yang lainnya. Waktu tempuh perjalanan laut dari dermaga menuju Pulau Bair adalah 1 jam.

Pulau Bair Miniatur Raja Ampat Tenggara Maluku | Breaktime
Pesona Pulau Bair dari udara (Photo by Google)

B’timers juga bisa menggunakan jalur udara untuk pergi ke Pulau Bair dengan tujuan ke bandara yang ada di Pulau Kei. Mungkin memang belum banyak dikenal oleh wisatawan, tetapi fasilitas dan sistem trasportasi di sana sudah cukup memadai.

Apa saja sih yang unik dan membuat Pulau Bair jadi destinasi yang wajib dikunjungi di tenggara Maluku? Banyak banget B’timers. Pulau Bair memiliki dua teluk dengan air laut yang jernih dan tenang, vegetasi mangrove yang hijau, dan tebing-tebing batu yang keren banget jadi background foto traveling Anda.

Kalau B’timers suka banget dengan wisata bahari Indonesia, di Pulau Bair ini Anda bisa melakukan snorkeling, diving, dan memancing. Anda bisa dengan leluasa menikmati keindahan panorama alam bawah laut yang nggak kalah kerennya dengan laut Bunaken dan Raja Ampat.

Pulau Bair Miniatur Raja Ampat Tenggara Maluku | Breaktime
Melihat jernihnya laut Maluku di Pulau Bair (Photo by Google)

Menariknya lagi, pulau ini terlindungi dari deburan ombak, mungkin karena adanya tebing-tebing besar yang mengelilingi pulau. Kondisi laut yang tenang bisa banget dipakai untuk menikmati tebing-tebing batu dengan menggunakan kano atau jetski. Anda juga bisa dengan mata telanjang melihat dasar laut yang sangat jernih. Ketahuilah bahwa laut di Pulau Bair ini adalah habitat untuk anak hiu blackpit.

Keunikan lain dari pulau ini adalah ketika kondisi air lautnya sedang surut. Mengapa demikian? Yup, karena ketika air laut mulai surut Anda bisa melihat pantai-pantai tersembunyi yang pasirnya putih bersih. Pantai-pantai ini hanya akan muncul ketika air surut, jadi jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan jepretan yang oke dan Instagramable.

Nah, yang terakhir jangan lupa untuk membawa perlengkapan liburan ke pantai misalnya baju renang, sunblock, dan baju-baju santai. Mulai sekarang sebaiknya rencanakan perjalanan ke Pulau Bair untuk menikmati hidden paradise di tenggara Maluku. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE