Plesir Ke Kaliurang Ternyata Seru Juga, Lho! | Breaktime
Plesir Ke Kaliurang Ternyata Seru Juga, Lho!
02.02.2017

Ternyata, Jogja tak hanya punya Malioboro dan Gunung Kidul saja. Kalau B’timers memilih untuk liburan ke Jogja, sempatkanlah untuk pergi ke Kaliurang. Ini adalah sebuah daerah yang terletak di kaki Gunung Merapi. Hanya mendengarnya saja, kita pasti sepakat bahwa Kaliurang adalah daerah dengan hawa yang sejuk dan pasti memiliki wisata alam yang seru banget!

Yup, memang itulah kenyataannya. Kaliurang menyimpan potensi wisata yang tak kalah hits dengan Gunung Kidul. Ada beberapa destinasi yang bisa banget untuk B’timers kunjungi di akhir pekan ataupun saat hari libur lainnya.

Apa saja, sih destinasi asyik saat berkunjung ke Kaliurang? Wah, tak perlu bingung B’timers, karena Breaktime selalu punya jawaban dari segala pertanyaan Anda. Ada beberapa alternatif liburan seperti Taman Wisata Kaliurang yang berada di Desa Hagobinangun. Letaknya sekitar 28 km dari pusat kota Jogja. Tempat wisata yang satu ini terletak di ketinggian 900 mdpl. Suhu udaranya mencapai 20 – 25 derajat Celcius. Ini adalah tempat terbaik untuk Anda menikmati gagahnya Gunung Merapi.

Plesir Ke Kaliurang Ternyata Seru Juga, Lho! | Breaktime
Air Terjun Tlogo Muncar (Photo by Google)

Selanjutnya adalah Tlogo Putri yang merupakan gabungan antara wisata air dan wisata alam. Di sana Anda bisa bermain kano atau sepeda bebek. Kalau B’timers yang suka banget petualangan, bisa coba tracking yang menuju Air Terjun Tlogo Muncar.

Masih di Tlogo Putri, Anda juga bisa bermain flying fox dan bianglala. Taman seluas 10.000 meter persegi ini juga dilengkapi dengan kolam renang dan taman bermain anak. Cocok banget deh untuk wisata keluarga.

B’timers juga bisa memilih destinasi alternatif lainnya untuk menikmati liburan di Kaliurang. Beberapa di antaranya adalah gardu pandang yang akan menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi dari dekat, Museum Vulkanik Merapi juga bisa jadi tempat membayar rasa ingin tahu Anda tentang segala hal yang berhubungan dengan Gunung Merapi, Goa Jepang yang merupakan peninggalan para tentara Jepang dengan kisah-kisah mistisnya, dan merasakan udara malam sampai paginya Kaliurang di bumi perkemahan.

Untuk menuju ke kawasa Kaliurang, B’timers bisa menggunakan kendaraan apapun. Jalan menuju ke sana sangat mudah kok. Anda juga tak membutuhkan waktu lama di perjalanan. Di jalan Anda akan menemui plang-plang penunjuk arah menuju Kaliurang.

Plesir Ke Kaliurang Ternyata Seru Juga, Lho! | Breaktime
Gardu pandang tempat pengawasan Gunung Merapi. (Photo by Google)

Saat memutuskan untuk berwisata ke Kaliurang, Anda juga tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, seperti membawa pakaian hangat misalnya jaket atau sweater karena udara di Kaliurang cenderung dingin, di beberapa tempat wisata juga Anda harus menjaga barang-barang bawaan Anda dari monyet yang dilepas bebas, dan harus memiliki daya tahan tubuh kuat untuk berjalan, mendaki, dan menghadapi perubahan cuaca pusat kota Jogja ke Kaliurang.

Nah, memang potensi wisata di Kaliurang belum sepenuhnya diketahui oleh banyak wisatawan. Dan juga terlihat sangat sepele, padahal B’timers juga harus tetap menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Bagaimana, berminat untuk plesir ke Kaliurang? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE