Planning Trip Buat yang Mau Liburan Ke Yogyakarta
Planning Trip Buat yang Mau Liburan Ke Yogyakarta
01.06.2016

Yogyakarta memang tak pernah pudar pesonanya. Tak seperti destinasi-destinasi yang ada masa trennya untuk dikunjungi, Yogyakarta selalu memiliki daya pikat yang tak lekang oleh waktu. Well, bagi Anda yang sedang merencakan liburan di Kota Gudeg ini, berikut Breaktime akan memberikan sedikit gambaran atau planning trip yang bisa Anda gunakan meliputi transportasi, tempat wisata dan penginapan. Mulai, yuk!

Transportasi

Bicara soal transportasi, tentu saja tergantung dari mana Anda berangkat. Jika Anda masih berada di pulau Jawa, kereta api lebih diminati daripada bus. Tentu saja, kereta api akan berhenti di Stasiun Tugu yang merupakan stasiun terdekat dengan Malioboro, destinasi favorit sepanjang masa. Jika Anda di luar Pulau Jawa, tentu saja harus menempuh perjalanan udara atau laut.

Favorit wisatawan mengunjungi Jogja
Favorit wisatawan mengunjungi Jogja

Masalah harga, sesuaikan dengan budget, ya. Tarif kereta dan pesawat tentu saja menyesuaikan darimana departure spot Anda. Kalau ingin lebih nyaman dan eksekutif, siapkan dana yang lebih besar, B’timers.

Penginapan

Yogyakarta Adalah surganya traveler baik dari dalam maupun luar negeri. Karena itu, jangan khawatir tentang penginapan karena di manapun Anda berada, Anda akan menemukan tempat bermalam mulai dari motel, hostel, hotel hingga guest house. Nah, jika Anda liburan hemat, jangan memilih penginapan di sekitar Malioboro ya, B’timers. Kenapa?

 

Pilih guest house jika Anda dengan rombongan
Pilih guest house jika Anda dengan rombongan

Malioboro ibarat pusat pesonanya Kota Gudeg ini. Jadi, akan sedikit sulit menemukan penginapan dengan harga miring. Cari penginapan  agak jauh dari pusat destinasi utama agar mendapat tarif yang ramah dompet. Ini akan mudah bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Namun, cari yang dekat dengan alat transportasi untuk Anda para backpacker, ya!

Spot-spot wisata

Jogja tak hanya memikat wisatawan dengan Malioboronya saja. Banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi seperti situs warisan kekayaan dunia, Taman Wisata Candi Prambanan dan Candi Borobudur di Magelang. Jika Anda suka wisata alam, Jogja juga memiliki banyak pantai terkenal indah seperti Parangtritis dan Pasir Putih. Ada juga wisata Gunung Merapi dan wisata air terjun dengan suasana sejuk di Kaliurang.

Prambanan adalah salah satu situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO
Prambanan adalah salah satu situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO

Untuk transportasi, ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Trans Jogja adalah transportasi umum di pusat kota yang nyaman digunakan dengan single tariff baik jarak jauh atau dekat. Namun, jika Anda ingin ke lokasi wisata yang tak terjangkau Trans Jogja, sewa mobil atau motor adalah alternatif yang tak bisa diabaikan.

Nah, itulah gambaran yang mungkin bisa membantu Anda untuk rencana liburan Anda ke Kota Gudeg. Semoga membantu, ya! (nap)

Share This Article