Petualangan di Goa JatiJajar Yang Mendebarkan | Breaktime
Petualangan di Goa JatiJajar Yang Mendebarkan
05.12.2016

Menjelajahi goa merupakan mimpi dari setiap petualang. Selain itu, wisata goa juga dapat dimasukkan ke dalam destinasi wisata Anda beserta keluarga karena selain menjadi sarana pariwisata yang menyenangkan, Anda juga dapat mendidik anak-anak Anda mengenai pengetahuan geologi, seperti pembentukan stalagtit dan stalagmit.

Di Pulau Jawa terdapat berbagai macam obyek wisata goa, salah satunya adalah wisata goa Jatijajar yang terletak di desa Jatijajar kecamatan Ayah kabupaten Kebumen, Jawa Barat.  Goa kapur ini memiliki panjang 250 meter dengan lebar sekitar 15 meter dengan ketinggian gua sekitar 50 meter dari permukaan laut.

Asal muasal ditemukannya goa ini berasal dari seorang petani yang bernama Jayamenawi. Suatu saat, Jayamenawi terperosok jatuh ke dalam lobang ketika ia sedang menuai rumput. Saat itulah ia menyadari bahwa lobang tempat ia terperosok memiliki rongga yang cukup luas. Ia pun menggali dan menyingkirkan tanah dan bebatuan untuk mengeluarkan dirinya dari goa tersebut. Pintu keluar yang ia gali saat ini menjadi pintu masuk ke dalam gua. Nama dari goa tersebut berasal dari dua buah pohon jati yang tumbuh sejajar yang ada di depan pintu goa. 

Petualangan di Goa JatiJajar Yang Mendebarkan | Breaktime
Beberapa miniatur yang terpasang di dalam goa

Semenjak dicetuskan sebagai salah satu obyek wisata oleh gubernur Jawa Tengah yang memimpin pada tahun 1975 yaitu Bapak Suparjo Rustam, berbagai macam fasilitas seperti tangga dan jembatan  beton, lampu listrik, serta ornamen-ornamen miniatur pun dipasang di goa tersebut. Di dalam goa, Anda tidak hanya dapat menyaksikan diaroma yang menceritakan tentang legenda Lutung Kasarung, tetapi Anda juga dapat bermain air di empat sendang yang terdapat di goa tersebut, yaitu sendang puser bumi, sendang mawar, sendang jombor, dan sendang kantil.

Dan kabar yang lebih menggembirakan, Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk yang menjulang untuk mengakses goa tersebut, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 7.500,- per orang. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE