Pesona Wisata Tersembunyi dari Kota Samarinda | Breaktime
Pesona Wisata Tersembunyi dari Kota Samarinda
28.08.2016

Kota Samarinda yang menjadi ibukota Kalimantan Timur, ternyata memiliki banyak destinasi wisata dan kuliner yang wajib untuk dikunjungi. Kota Samarinda menjadi kota yang memiliki penduduk paling banyak di Kalimantan. Terdapat sungai Mahakam yang membelah Samarinda dan menjadi gerbang utama untuk masuk ke pedalaman Kalimantan Timur. Banyak sekali yang unik dari Kota Samarinda ini, penasaran, B’timers? Berikut deretan destinasi wisata, kuliner, dan budaya khas Samarinda.

Destinasi

Pesona Wisata Tersembunyi dari Kota Samarinda | Breaktime
Pulau Beras Basah, Samarinda

Yang pertama adalah Air Terjun Tanah Merah yang terletak di Dusun Purwosari, sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Ada juga Telaga Permai Batu Besaung, sebuah kawasan hijau yang bisa Anda gunakan untuk camping. Selain itu ada Air Terjun Pinang Seribu yang memiliki bentuk sangat unik dan Pulau Beras Basah yang membutuhkan waktu 3 jam perjalanan dari Kota Samarinda.

Kuliner

Selain wisata, Samarinda juga memiliki kebanggaan tersendiri dari kuliner khasnya. Banyak makanan khas Samarinda yang akan membuat lidah Anda tak bisa berhenti mengecap. Kuliner khas Samarinda yang paling populer adalah Nasi Kuning Samarinda, Ayam Cincane, Pepes Kepiting, Soto Banjar, dan Gence Ruan.

Budaya

Pesona Wisata Tersembunyi dari Kota Samarinda | Breaktime
Pertunjukkan seni Suku Dayak Kenyah di Lamin

Samarinda memiliki budaya yang luar biasa indah. Terletak di sebuah desa yang bernama Desa Budaya Pampang yang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan, desa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena setiap hari minggu, masyarakat Suku Dayak Kenyah menampilkan pertunjukkan seni di lamin, sebuah gedung pertemuan yang merupakan rumah adat Dayak. Saat pertunjukkan, seluruh warga desa menggunakan pakaian adat Dayak.

Transportasi

Anda bisa menggunakan jalur air, darat, dan udara untuk sampai di Kota Samarinda. Melalui jalur air, Anda akan menyeberangi sungai Mahakam dengan menggunakan Ketinting, transportasi air khas Samarinda. Jika melalui jalur darat, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dengan tujuan terminal Sungai Kunjang, terminal Lempake, atau terminal Samarinda Seberang. Dan untuk Anda yang menggunakan jalur udara, bisa menuju Bandara Temindung.

Itulah ulasan tentang destinasi wisata, kuliner, budaya, dan akses untuk menuju Kota Samarinda. Yuk, ajak keluarga atau teman-teman untuk liburan asyik ke Samarinda! (vpd)

Share This Article