Pesona Alam Borneo di Dusun Wisata Meliau | Breaktime
Pesona Alam Borneo di Dusun Wisata Meliau
15.11.2017

Keindahan alam Nusantara seakan tiada habisnya untuk dieksplorasi, salah satunya di pedalaman Pulau Kalimantan. Di tanah Borneo tersebut, terdapat Dusun Wisata Meliau yang mulai mendapat perhatian Pemerintah dan para wisatawan sejak tahun 2009. Awalnya, suasana desa belumlah terbuka terhadap modernisasi dan masih minim fasilitas penunjang kehidupan layak hingga pariwisata. Saat itu, warga Dusun Meliau masih kesulitan mengakses listrik hingga sanitasi layak pakai. Selain mengusahakan toilet bersih yang tak lagi mengandalkan aliran Sungai Lewoyan, para petinggi desa bekerja sama dengan organisasi WWF (World Wild Fund) masih terus berupaya menggiatkan kegiatan penyelamatan lingkungan dan keanekaragaman hayati di kawasan Meliau lewat pembangunan desa wisata.

Tahun 2017 mengawali titik balik pariwisata di Meliau ketika para peneliti hingga travelers dari seluruh penjuru dunia seperti Eropa, Jepang, dan Amerika tertarik merasakan sendiri petualangan alam liar di kawasan administratif provinsi Kalimantan Barat ini. Eksplorasi pariwisata di Dusun Wisata Meliau didukung sepenuhnya oleh BBTN BKDS (Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum) yang terletak tak jauh dari lokasi desa wisata tersebut. Demi alasan keselamatan dan keamanan, setiap rombongan turis maupun peneliti yang hendak memasuki Dusun Wisata Meliau yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional tersebut haruslah melapor, meminta izin resmi, serta membayar tiket terlebih dahulu di kantor Balai yang terletak di Kota Putussibau dan Lanjak.

Di Dusun Wisata Meliau, B’timers bisa menikmati panorama pedalaman Borneo yang masih terjaga keasriannya hingga melakukan aktivitas alam seperti menjelajah hutan di bukit Peninjau dan memancing di sungai Lewoyan. Keanekaragaman hayati yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata Meliau ialah berbagai hewan langka seperti monyet ekor panjang, burung elang, dan orangutan. Satwa khas Meliau yang tak kalah unik untuk dijumpai ialah memancing ikan arwana di Sungai Lewoyan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Shu Villa; Penginapan Murah di Mandalika
Pesona Alam Borneo di Dusun Wisata Meliau | Breaktime
Suasana perkampungan nelayan di pinggir Sungai Leboyan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Terletak di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, ada beberapa hal yang perlu B’timers ketahui sebelum mengunjungi eksotisme alam di Dusun Wisata Meliau. Meski masyarakat di sana telah mulai terbuka dan menjalin komunikasi dengan dunia luar, para wisatawan dihimbau untuk tetap memperhatikan adat dan istiadat setempat yang masih dipegang erat. Anda tak perlu kaget apabila menyaksikan para perempuan setempat yang sehari-hari bertelanjang dada. Yang terpenting ialah, Anda juga harus senantiasa menaati tata karma masyarakat adat di Meliau yang menjunjung tinggi alam, sehingga jangan sampai Anda kedapatan mencuri maupun menyakiti hewan dan tumbuhan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Budget Holiday ke Aneka Kawasan Eksotis FIlipina
Pesona Alam Borneo di Dusun Wisata Meliau | Breaktime
Danau Sentarum yang diarungi dalam perjalanan menuju Dusun Wisata Meliau

Karena lokasi yang terpencil dan terbilang belum populer di kalangan wisatawan, B’timers sebaiknya mencari informasi mengenai perjalanan hingga akomodasi selama di Meliau lewat petugas Balai saat mengajukan izin, maupun organisasi KOMPAK dan WWF. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran transportasi dan situasi liburan Anda selama di Dusun Wisata Meliau secara jelas tanpa adanya risiko salah info, ditipu oknum tertentu, hingga tidak mengetahui pasti kisaran harga normal untuk berlibur di Meliau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menguak Lokasi Candi Majapahit di Mojokerto

Soal holiday budget, siapkan kocek berlebih untuk menikmati panorama alam menakjubkan di Meliau. Mulai dari penerbangan yang hanya bisa menjangkau sampai ke Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat, lalu menempuh perjalanan darat selama 20 jam ke Kota Putussibau. Lanjutkan perjalanan Anda dengan perjalanan darat sekitar 2 jam menuju Lanjak, lalu gunakan perahu cepat atau boat menyeberangi Danau Sentarum untuk mencapai Dusun Wisata Meliau. Tak lupa, siapkan mental dan fisik Anda untuk menelusuri keindahan alam di pedalaman Kalimantan serta mencicipi petualangi alam liar dan kehidupan tradisional ala warga Meliau. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE