Penawaran Liburan Mengintip Pedalaman Mentawai | Breaktime
Penawaran Liburan Mengintip Pedalaman Mentawai
10.07.2017

Kepulauan Mentawai adalah sebuah kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan. Tak hanya hutan, Mentawai juga punya ratusan titik berselancar di pantainya yang masih alami. Peradaban zaman neolitikum saja masih bisa Anda temui di sana. Itulah mengapa Mentawai kini mulai dilirik sebagai penawaran liburan bagi pada petualang sejati.

Alam yang masih sangat cantik jadi daya tarik para traveler domestik maupun mancanegara. Pulau ini juga jadi surga para peselancar. Pantai yang mayoritas berpasir putih dengan air laut yang jernih juga tak asing di telinga para turis. Ada beberapa destinasi yang bisa dinikmati di sana.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukti Modal 1 Juta Cukup untuk Keliling Bandung!

Destinasi

Pulau Sipora

Destinasi yang pertama ini berada di lokasi yang cukup strategis. Lokasinya ada di tengah-tengah Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut. Pulau ini sangat indah dan jadi yang paling favorit di antara para surfers. Ombak terbaik di pulau ini ada di bulan April – Oktober.

Pulau Siberut

Kalau yang satu ini merupakan pulau terbesar di Mentawai. Di sana Anda bisa melihat kehidupan suku di atas rumah panggung. Menyaksikan aktivitas mereka membuat sagu, menato tubuh, membuat racun panah, ritual adat, pengobatan, dan menjahit pakaian tradisional.

Desa Sikakap

Ini adalah rumah bagi sebagian pantai dengan laut yang tenang dan berwarna biru. Pantai Mabola Indah di Dusun Mabola dan Bakkat Binuang adalah lokasi terbaik dengan pemandangan alam bawah laut yang eksotis.

Desa Madobak

Desa ini terkenal dengan Air Terjun Kulu Kubuk yang sedingin es dan menyajikan pesona budaya masyarakat asli Mentawai. Upacara adat untuk mengusir roh jahat yang dilakukan oleh Sikerei jadi bukti budaya yang mempesona.

Penawaran Liburan Mengintip Pedalam Mentawai | Breaktime
Menemui penduduk asli Mentawai (travelingyuk.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rugi Touring Palembang Tanpa Mampir Pulau Kemaro

Dua Titik Ombak Kelas Dunia

Lances Right dan Macaronies di Mentawai termasuk dalam 10 titik terbaik di dunia, karena ombaknya selalu konsisten. Ada 71 titik selancar dengan 49 titik yang masuk kategori eksklusif dan dirahasiakan oleh para peselancar.

Ada banyak destinasi lainnya di sana yang terkenal tak kalah dengan Hawaii dan Tahiti karena iklim tropisnya yang sangat mendukung. Penawaran liburan ke Mentawai rasanya tidak akan jadi pilihan yang salah. Lalu bagaimana dengan transportasi, akomodasi, dan biaya lainnya untuk ke sana?

Transportasi

Kepulauan Mentawai bisa dijangkau dengan jalur udara dari Padang. Dari Bandara Internasional Minangkabau ada penerbangan menuju Bandara Rokot, Mentawai. Anda juga bisa menggunakan jalur laut melalui dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Teluk Bungus Padang dan Pelabuhan Muara.

Jarak ke Pelabuhan Teluk Bungus dari kota Padang hanya 1 jam. Harga tiket penyeberangannya sekitar Rp 100 ribu –Rp 150 ribu per orang. Nah, jarak tempuhnya cukup melelahkan, sekitar 10 – 13 jam. Anda juga bisa menyewa kamar untuk beristirahat dengan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 500 – Rp 700 ribuan. Penyeberangan dari sana akan singgah di beberapa pulau, seperti Pulau Sikakap, Pulau Tuapeijat, Pulau Siberut Selatan, dan Pulau Maileppet.

Jika melalui Pelabuhan Muara, Anda akan menggunakan kapal yang lebih kecil karena jarak tempuhnya hanya 4 jam. Harga tiketnya lebih mahal, yaitu Rp 250 – Rp 300 ribu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Paket Resort Murah Sekitar Jakarta, Yuk Serbu!

Akomodasi

Di beberapa pulau di Mentawai sudah dibangun penginapan dengan harga standar. Jenis-jenis penginapannya pun juga beragam. Untuk tipe long house, seperti Losmen Ombak, terdapat 6 kamar dengan harga sewa per malamnya mulai dari Rp 250 ribu. Untuk tips bungalow jelas harganya lebih mahal, yaitu sekitar Rp 600 ribu per malam.

B’timers tak perlu khawatir tentang fasilitasnya, air minum gratis, buah-buahan lokal, Wi-Fi, dan minuman gratis lainnya bisa Anda dapatkan. Itu sudah cukup lengkap untuk sekelas Mentawai dengan karakter destinasi yang masih alami.

Bahkan jika Anda seorang backpacker, Anda bisa menginap di rumah penduduk. Itung-itung berbaur dengan penduduk lokal yang super ramah.

Nah, dengan rincian perjalanan tersebut Anda bisa mulai rencanakan untuk menikmati penawaran liburan ke Mentawai. Menelusuri pedalaman Sumatera Barat dan mengenal kearifan lokal Indonesia. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE