Pantai Pandawa, Secret Beach di Balik Bukit Kapur Bali Selatan | Breaktime
Pantai Pandawa, Secret Beach di Balik Bukit Kapur Bali Selatan
03.05.2015

Pantai Secret Di Bali

Sudah bukan rahasia lagi Bali merupakan destinasi wisata paling populer di negeri ini. Dengan segala fasilitas dan keindahan budaya serta alamnya, B'timers tinggal pilih destinasi mana yang ingin didatangi di Pulau Dewata ini.

Bagi Anda yang suka dengan pantai atau aktivitas laut lainnya, Bali ibarat surga. Hampir di tiap sudut pulau ini punya pantai dengan keunikan tersendiri sebagai daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Pandawa adalah salah satunya. Pantai ini masih bagian dari deretan pantai selatan Bali, tepatnya di Desa Kutuh, Kuta Selatan, berlokasi di antara kawasan Nusa Dua dan Uluwatu. Sebelum dikenal dengan nama Pantai Pandawa, dulunya area ini bernama Pantai Kutuh.

(Baca juga: 10 Underwater Terbaik di Asia Tenggara)

Lokasi pantainya relatif tersembunyi, berada di balik tebing-tebing dan bebatuan kapur yang besar. Sebelum pembenahan infrastruktur jalan dan fasilitas oleh pemerintah Kabupaten Badung, pantai ini sulit diakses oleh kendaraan besar. Karena itu, pantai ini juga disebut-sebut sebagai "Secret Beach".

Namun kini akses ke Pantai Pandawa sudah sangat mudah. Jalan beraspal membelah tebing-tebing kapur yang tinggi menambah eksotiknya Pantai Pandawa. Pemandangan unik ini masih ditambah dengan adanya patung-patung tokoh pewayangan terkenal, Pandawa Lima, yang berdiri berjejer di area menuju pantai

Pantai Pandawa, Secret Beach di Balik Bukit Kapur Bali Selatan

Karena letaknya yang berada di balik perbukitan kapur, kawasan pantai Pandawa relatif lebih tenang dari hiruk pikuk wisatawan bila dibandingkan dengan yang sering kita temui di kawasan Pantai Kuta atau Legian. Hal inilah yang membuat pengunjung pantai Pandawa bisa menikmati suasana yang berbeda di pantai Bali.

Ombak di Pantai Pandawa tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga dan aktivitas air seperti berenang dan bermain kano. Terdapat penyewaan kano dengan harga relatif terjangkau. Selain itu di sepanjang pantai juga disediakan kursi-kursi untuk bersantai sambil menikmati jagung bakar atau segarnya air kelapa muda yang banyak dijual di area ini.

Pantai Pandawa, Secret Beach di Balik Bukit Kapur Bali Selatan

Tak hanya aktivitas air, kita pun bisa menantang adrenalin dengan bermain paragliding dari Bukit Timbis hingga mendarat di Pantai Pandawa. Bagi pemula, disediakan pemandu atau guide yang akan membantu kita selama terbang dari bukit hingga mendarat di pantai dengan paragliding.

Perlu diketahui juga bahwa kawasan Pantai Pandawa merupakan salah satu kawasan pantai yang disucikan masyarakat lokal. Ada enam area yang disucikan di pantai ini, yaitu area batu cupid, tempat upacara Melasti, Pura Dalem Segara, sumur sumber air minum masyarakat desa, Sawan Wela, dan Sawan Sambing. Tak heran, di beberapa titik terdapat papan peringatan untuk tidak memasuki area tersebut serta larangan aktivitas berbau seksual di kawasan Pantai Pandawa. 

Akomodasi di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, Secret Beach di Balik Bukit Kapur Bali Selatan

Mengingat letaknya yang berada cukup jauh dari pusat keramaian dan pemukiman, tidak ada penginapan yang bisa kita sewa di sekitar pantai Pandawa. Wisatawan biasanya mencari penginapan di sekitar Nusa Dua yang jaraknya tak terlalu jauh dari pantai ini. Di Nusa Dua sendiri terdapat banyak hotel dari kelas resor hingga guest house.

How to get there

Setelah turun dari Bandara Ngurah Rai, kita bisa langsung menuju Pantai Pandawa melalui jalur Kuta, Garuda Wastu, kemudian menuju Bali Cliff atau Nusa Dua. Kita juga bisa mengambil jalur Universitas Udayana atau dari arah Jimbaran. Tidak ada transportasi umum yang langsung menuju area pantai. Pengunjung biasanya datang dengan menyewa mobil, bis pariwisata, atau sewa sepeda motor. Jalan menuju pantai ini identik dengan jalanan sempit, beraspal, dan diapit tebing kapur yang tinggi.

Share This Article