Panduan Nge-Trip ke Pulau Kemaro Sumatra Selatan | Breaktime
Panduan Nge-Trip ke Pulau Kemaro Sumatra Selatan
03.08.2016

Pulau Kemaro, sebuah pulau yang sangat terkenal di Provinsi Sumatera Selatan ini menyimpan banyak keindahan dan keromantisan yang tiada duanya. Sebenarnya, bukan hal yang sulit untuk bisa sampai di pulau nan eksotis ini. Lantas apa yang harus dilakukan untuk menuju Pulau Kemaro ini? Tenang, B’timers, berikut Breaktime akan memberikan panduannya. Catat baik-baik, ya!

Lewat daerah PUSRI

Alternatif yang pertama adalah dengan langsung menuju daerah PUSRI. PUSRI adalah akronim dari PT Pupuk Sriwidjaja yang ada di Palembang. Jika Anda lewat daerah ini, Anda hanya tinggal menyeberang Sungai Musi saja untuk dapat sampai di Pulau Kemaro. Perjalanan cukup singkat sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin perjalanan lama demi menikmati pemandangan.

Panduan Nge-Trip ke Pulau Kemaro Sumatra Selatan | Breaktime
Anda bisa mengunjungi kelenteng dan Pagoda di sini

Nyebrang lewat Jembatan Ampera

Cara yang kedua mungkin akan lebih seru, B’timers. Anda bisa menyewa perahu yang bisa Anda jumpai di dekat dengan Jembatan Ampera. Anda bisa memilih ukuran perahu sesuai dengan minat Anda yaitu kecil, sedang atau sedang. Begitu memarkirkan kendaraan di sekitar Jembatan Ampera, Anda bisa langsung mengunjungi 3 tempat sekaligus seperti Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaaruddin dan Masjid Agung. Seru, kan?

Ada yang tak kalah seru lagi lho, B’timers. Breaktime menyarankan pada Anda untuk menyewa speed boat untuk menyeberang ke Pulau Kemaro. Pilih yang kecil saja. Dengan speed boat ini selain dapat menghemat waktu, Anda juga dapat merasakan sensasinya menyusuri Sungai Musi dengan kecepatan tinggi, memacu adrenalin yang membuat Anda benar-benar have fun. Harga sewa kurang lebih Rp 350 ribu. Tapi kalau Anda pandai menawar, harga murah bisa didapat, kok!

Panduan Nge-Trip ke Pulau Kemaro Sumatra Selatan | Breaktime
Menyeberang ke Pulau Kemaro saat Cap Go Meh

Penginapan

Perlu menginap? Kemaro Islan bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Resort ini baru saja dibangun oleh pemerintah untuk menfasilitasi pengunjung yang ingin menginap di Pulau Kemaro. Namanya juga resort harganya tentu di atas rata-rata kemampuan backpacker.

Namun, sepertinya harapan Anda tidak terkabul jika Anda ingin bermalam di Pulau Kemaro dengan low budget. Namun jangan khawatir, Anda bisa menginap di hotel-hotel di kota, tepatnya di Palembang yang hanya berjarak 4 – 7 kilometer saja dari Pulau Kemaro. Gimana? Sepertinya seru ya, jalan-jalan di Pulau Kemaro. Ada yang berencana mau ke sana? (nap)

Share This Article