Mudik – Arus Balik Lancar, Ikuti Tips Ini! | Breaktime
Mudik – Arus Balik Lancar, Ikuti Tips Ini!
29.06.2017

Salah satu tradisi yang dilakukan menjelang lebaran adalah mudik. Orang-orang yang bekerja di kota pulang ke kampungnya masing-masing. Ada yang menggunakan kendaraan umum, ada pula yang pakai kendaraan pribadi. Kalau lebaran Anda kali ini memutuskan menggunakan kendaraa pribadi, maka Anda perlu perencanaan yang baik agar perjalanan Anda berjalan lancar. Apa saja? Yuk dibaca!

Persiapkan kendaraan. Pastikan kendaraan Anda baik mobil atau motor dalam kondisi terbaiknya. Cek kondisi mesin, tekanan angin ban, dan rem. Kalau ada yang bermasalah atau perlu di-service, segera lakukan perbaikan ya, B’Timers. Kalau Anda malah membiarkannya, justru ini akan menghambat perjalanan dan bisa membahayakan diri Anda dan orang lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Banyak Tradisi Lebaran, Begini Sejarahnya!

Sudah banyak contoh kasus-kasus kecelakaan lalu lintas saat mudik karena kelalaian pemilikinya seperti rem blong. Jika Anda menggunakan mobil, perhatikan pula kondisi AC dan bagian dalam mobil karena ini akan berpengaruh dalam kenyamanan Anda dan keluarga selama berkendara. Soal budget, alokasikan sebagian biaya untuk bahan bakar. Jika perjalanan Anda jauh, maka bisa jadi Anda akan berhenti di beberapa tempat pengisian bahan bakar beberapa kali. 

Mudik – Arus Balik Lancar, Ikuti Tips Ini! | Breaktime
salah satu pintu tol yang digunakan pemudik

Pelajari kondisi jalan dan rute perjalanan. Menjelang lebaran, pemerintah selalu melakukan perbaikan jalan seperti penambahan badan jalan dan memperbaiki jalan yang rusak. Jadi, ini penting banget lho untuk tahu kabar terbaru rute yang akan Anda lewati. Cari tahu juga jalur alternatif baik yang lama atau pun yang baru saja dibuka untuk menghindarkan Anda dari kemacetan serta titik-titik kemacetan yang akan dilewati. Sekarang, sudah banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan untuk  mendukung perjalan anda seperti traffic apps, peta digital, live streaming dari TV dan radio serta media sosial  yang selalu up to date.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Bosan & Lapar, Ini Triknya!

Inilah saatnya untuk memaksimalkan gadget Anda. Semakin jarang Anda terhindar dari macet, semakin sedikit pula bahan bakar yang dibuang. Jika Anda menggunakan jalur tol, catat pintu tol apa saja yang akan Anda lewati sekaligus biayanya. Ini berguna agar Anda tidak kelimpungan pada saat membayar karena harganya yang berubah atau malah Anda tidak merencanakan lewat pintu tol tersebut sebelumnya.  Lain lagi kalau Anda menggunakan jalur alternatif. Biasanya di jalur seperti ini suka ada pembantu petugas lalu lintas yang mengatur kendaraan. Memberikan sebagian kecil uang Anda akan sangat membantu mereka. 

Mudik – Arus Balik Lancar, Ikuti Tips Ini! | Breaktime
masjid juga bisa sebagai rest area

Persiapan sebelum berangkat. Bagi Anda yang bekeluarga, barang bawaan sudah pasti lebih banyak. Belum lagi kalau Anda membawa anak-anak. Makanya, akan lebih baik Anda membawa barang secukupnya termasuk oleh-oleh. Bawaan yang terlalu banyak hanya akan menghambat perjalanan. Selain itu, pakailah pakaian yang nyaman dan tidak mencolok untuk menghindari Anda dari tindak kejahatan. Persiapkan juga baju bersih di luar bagasi untuk mengganti pakaian yang dipakai di perjalanan. Sebelum pergi, periksa kembali rumah Anda. Pastikan gas dalam keadaan mati dan nyalakan satu atau lampu untuk penerangan secukupnya. Anda juga bisa memasang cctv untuk memantau keadaan rumah selama ditinggal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik

Manfaatkan fasilitas pendukung. Selama mudik atau pun kembali, banyak sekali fasilitas pendukung seperti rest area, pelayanan medis, hotel, dan tempat-tempat singgah lainnya yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga swasta. Selain itu, pom bensin sekarang sudah dilengkapi dengan banyak tambahan fasilitas seperti mushola, kamar mandi, dan kafe. Selain itu juga ada pos polisi di titik-titik tertentu yang siap membantu Anda. Mampir ke tempat-tempat tersebut akan jauh lebih baik dan efisien daripada Anda memaksakan diri melanjutkan perjalanan.

Atur budget. Selain pos-pos budget yang sudah disebutkan, Anda juga perlu mengalokasikan dana tidak terduga, biaya yang akan dikeluarkan di tempat mudik, dan biaya pulang. Jangan sampai dihabiskan semua, ya. Pengaturan dana ini penting supaya Anda tidak bermasalah dengan keuangan nantinya. Tidak mau kan, uang Anda habis untuk lebaran padahal di rumah masih ada kebutuhan? Sudah banyak kok, aplikasi yang bisa Anda pakai untuk mengatur keuangan jadi lebih mudah.

Selamat mudik, B’Timers! (ar)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE