Misteri Di Balik Keindahan Gunung Batu Lembang | Breaktime
Misteri Di Balik Keindahan Gunung Batu Lembang
13.01.2017

Kota Bandung yang berada di kawasan dataran tinggi. Tak heran jika di sana juga terdapat banyak sekali gunung, pegunungan, dan bukit-bukit. Salah satunya adalah Lembang. Daerah ini memiliki udara yang dingin dan cenderung sejuk. Lembang punya satu wisata alam yang sedang hits banget, nih B’timers. Namanya Gunung Batu.

Mendengar Gunung Batu, B’timers yang cinta banget sama alam pasti langsung penasaran, kan? Gunung Batu ini terletak tidakjauh dari pusat kota Lembang. Jika Anda sampai di Jl. Maribaya, hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menitan dan sampailah di kawasan wisata Gunung Batu.

Gunung Batu ini berada pada ketinggian 1250 mdpl. Untuk sampai di puncak, Anda butuh waktu 30 menit sampai satu jam. Nah, ketika berada di puncak Anda akan merasa sangat bahagia pastinya. Bagaimana tidak, Anda akan melihat landscape kota Bandung di bagian selatan dan landscape kota Lembang serta Tangkuban Perahu di sebelah utara.

Gunung Batu juga menjadi tempat favorit masyarakat Bandung ataupun para pelancong untuk menikmati sunrise saat subuh. 

Misteri Di Balik Keindahan Gunung Batu Lembang | Breaktime
Bisa panjat tebing juga nih. (Photo by bandung.panduanwisata.id)

Nah, untuk sampai di Gunung Batu, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalau naik angkutan umum juga bisa lho, B’timers. Anda hanya perlu menggunakan angkutan umum tujuan Lembang-Cibodas. Lalu bisa menumpang delman atau dokar di pasar Lembang. Setelah itu, berhenti di taman Begonia atau rumah bunga Rizal dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Seru banget, kan! Anda akan diajak benar-benar berpetualang kalau ke Gunung Batu menggunakan angkutan umum. Ketika sampai di Gunung Batu, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Asyik kan!

Gunung Batu memiliki tebing bebatuan yang besar dan membentuk sebuah bukit. Di atas gunung ini juga dilengkapi dengan pepohonan yang rimbun. Selain menikmati pemandangan dari puncak gunung, Anda bisa tuh ikutan komunitas mahasiswa pecinta alam yang sering melakukan aktivitas panjat tebing.

Tak lengkap rasanya jika kita tak mengetahui asal mula terbentuknya Gunung Batu sampai jadi gunung hits di Lembang. Menurut sejarah, Gunung Batu terbentuk dari aliran lava letusan Gunung Sunda purba yang terjadi sekitar 500.000 tahun yang lalu.

Misteri Di Balik Keindahan Gunung Batu Lembang | Breaktime
Camping juga oke, nih. (Photo by Google)

Menariknya, Gunung Batu ini juga punya fakta dan misteri yang dijamin membuat Anda merinding, deh. Gunung Batu ini ternyata merupakan bagian dari Patahan Lembang yang menjadi sesar dan terbentang sepanjang 22 km. Patahan tersebut membentang dari arah timur hingga ke barat. Patahan tersebut tepat berada di antara Tangkuban Perahu dan dataran Bandung. Tembok alam raksasa inilah yang membentengi pemandangan utara ke selatan.

Pada tahun 2008, LIPI melakukan sebuah penelitian dan faktanya adalah bahwa jejak gerakan gempa selama 3000 tahun terakhir telah terjadi tujuh kali pergerakan. Sedangkan menurut penelitian Brian Atwater yang merupakan ahlu paleoseismoloh dari United States Geological Survey. Penelitiannya menyatakan bahwa ancaman bencana gempa dari Patahan Lembang termasuk dalam kelas dunia, karena patahan tersebut terletak di dekat kota Bandung yang padat dan belum pernah ada di belahan dunia lain.

Bahkan kawasan wisata Observatorium Bosscha juga dilintasi oleh patahan tersebut. Dan jika patahan yang membentang sepanjang 22 km tersebut bergerak serempak, maka akan terjadi gempa dahsyat mencapai 6,7 skala Richter.

Ngeri juga ya, B’timers. Yup, yang terpenting saat berwisata ke Gunung Batu jangan melakukan perbuatan yang negatif dan jangan merusak keindahan alam Gunung Batu yang indah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE