Simpan Keunikan, Jayawijaya Jadi Favorit Pendaki | Breaktime
Menyimpan Keunikan, Jayawijaya Jadi Favorit Pendaki
13.09.2016

Puncak Jayawijaya adalah sebuah gunung tertinggi di Indonesia yang mencapai 4.884 mdpl. Selain itu Puncak Jayawijaya juga termasuk dalam seven summit dunia. Gunung ini sangat unik karena adanya salju abadi di Puncak Jayawijaya padahal Indonesia merupakan negara tropis sepanjang masa. Gunung Jayawijaya memiliki nama lain yaitu Piramida Carstenz.

Carstenz diambil dari nama penemu pegunungan ini yaitu Jan Carstenz yang melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis melalui kapal laut pada tahun 1623. Sejak saat itu hingga sekarang, Carstenz menjadi puncak impian para pendaki gunung dari seluruh dunia.

Secara administratif, Puncak Jayawijaya terletak di Range Sudirman, Provinsi Papua Barat. Pegunungan ini sangat luas, terbentang dari Papua Barat hingga Papua Nugini. Keunikan lain dari Puncak Jayawijaya adalah terdapat sungai es yang tidak bisa Anda temukan di belahan dunia lain.

Simpan Keunikan, Jayawijaya Jadi Favorit Pendaki | Breaktime
Ekstremnya mendaki ke Puncak Jayawijaya

Untuk mendaki ke Puncak Jayawijaya, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri. Terutama adalah persiapan fisik karena suhu di sana bisa mencapai 0 derajat Celcius. Anda juga harus mendapat surat ijin dari pemerintah terkait. Hal ini dikarenakan medan pendakian Puncak Jayawijaya sangat ekstrem dan berbahaya, sehingga membutuhkan waktu yang lama. Puncak Jayawijaya dibuka hanya untuk para pendaki professional dan tidak untuk umum.

Selain medan yang sangat sulit, untuk mencapai sana Anda membutuhkan biaya yang besar, mulai dari biaya perjalanan, biaya makan, dan peralatan yang digunakan untuk mendaki. Untuk harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Papua Barat Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 2 juta hingga Rp 5,5 juta.

Bagaimana B’timers? Jika Anda bukan merupakan pendaki gunung profesional sebaiknya jangan pergi ke Puncak Jayawijaya. Kalaupun Anda ingin, lakukan banyak latihan terlebih dahulu dengan membiasakan diri mendaki gunung. (vpd)

Share This Article