Menikmati Keindahan Alam di Kalibiru Kulon Progo | Breaktime
Menikmati Keindahan Alam di Kalibiru Kulon Progo
05.03.2017

Sepertinya menjelajah Indonesia dalam kurun waktu satu atau dua tahun tak akan ada habisnya. Terlalu banyak destinasi yang harus dijelajahi. Bisa dibilang setiap daerah di Indonesia punya potensi wisata yang menakjubkan. Salah satu yang selalu menjadi primadona di mata para pelancong adalah kota Yogyakarta.

Yogyakarta adalah kota besar di pulau Jawa, lebih tepatnya di Jawa Tengah yang menjadi obyek wisata ideal bagi pecinta wisata sejarah dan wisata budaya karena di kota ini Anda dapat merasakan suasana budaya tradisional yang sangat kental serta mengunjungi situs-situs bersejarah. 

Baca juga : 

Akan tetapi, di kota ini terdapat aneka macam wisata alam yang juga tidak dapat Anda lewatkan, apalagi jika Anda sedang mencari tempat wisata yang dapat memulihkan mood dan stamina Anda setelah terjebak dalam rutinitas kerja yang menjemukan. Salah satu tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi saat Anda berkunjung ke kota Yogyakarta adalah wisata Kalibiru di Kuloprogo.

Wisata alam yang menampilkan keindahan Waduk Sermo dan hijaunya perbukitan Menoreh ini dapat Anda jangkau melalui jalur Waduk Sermo atau melalui arah Ciereng dengan rute Yogyakarta – Sentolo – Ciereng – Kalibiru. Akan tetapi harap diperhatikan bahwa jalur ini tidak terlalu ramai, dan saat musim hujan jalan ini menjadi lebih berbahaya dengan keadaan jalan yang licin serta ancaman terkena tanah longsor. Selain itu, jika Anda berencana untuk berwisata dengan sepeda motor atau mobil, pastikan bahwa kendaraan Anda dalam keadaan fit dengan kondisi rem yang prima, dan mampu untuk menyusuri jalan yang menanjak.

 

Menikmati Keindahan Alam di Kalibiru Kulon Progo | Breaktime
Indahnya pemandangan matahari terbenam dari puncak pohon

Di objek wisata ini, Anda dapat menikmati berbagai macam fasilitas yaitu yang paling terkenal adalah menara pandang yang terpasang di atas pohon. Di sana Anda akan mendapat spot terbaik untuk menikmati keindahan waduk dan perbukitan dari atas. Sayangnya, untuk berfoto ria di spot tersebut Anda harus membayar biaya sebesar Rp. 10.000,-. 

Baca juga : WISATA SENI DI MUSEUM AFFANDI YOGYAKARTA

Selain gardu pandang, Ana juga dapat bermain dengan aneka macam wahana permainan yang disediakan, seperti flying fox dengan tingkat ketinggian yang berkisar antara 50 hingga 85 meter. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- per orang dewasa, dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak. Selain itu terdapat juga jalur trekking, dan pujasera yang menawarkan berbagai macam makanan. 

Tiket masuk yang dikenakan untuk mengakses area wisata ini adalah sebesar Rp. 5.000,- saja, tersedia juga lahan parkir yang luas untuk parkir sepeda motor dengan biaya parkir sebesar Rp. 2000,- dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Nah, murah banget kan liburan ke Kalibiru, Yogyakarta? Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE