Menguak Lokasi Candi Majapahit di Mojokerto | Breaktime
Menguak Lokasi Candi Majapahit di Mojokerto
11.11.2017

Saat kita bicara tentang Kerajaan Majapahit, pasti Anda langsung teringat dengan sang maha patih Gajahmada yang berkharisma yang juga terkenal dengan Sumpah Palapa-nya. Kerajaan Majapahit sendiri adalah kerajaan besar beraliran Hindu Buddha terakhir di Indonesia. Dan sebagaimana kerajaan-kerajaan kuno Nusantara lainnya, Kerajaan ini meninggalkan warisan budaya berupa beberapa bangunan candi bersejarah. Lokasi candi Majapahit tersebar di berbagai penjuru pulau Jawa, satu bukti lain betapa luasnya daerah kekuasaan Raja Hayam Wuruk pada masa pemerintahannya.

Salah satu kota yang menjadi lokasi candi Majapahit yang terbanyak adalah Kota Mojokerto, yaitu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan berada di daerah barat daya ibukota Jawa Timur yaitu Kota Surabaya. Di tengah-tengah perkembangan kota yang semakin melejit pesat, pemerintah Mojokerto tetap mengusahakan upaya peremajaan dan perawatan peninggalan candi-candi dari Kerajaan Majapahit. 

Menguak Lokasi Candi Majapahit di Mojokerto | Breaktime
Lokasi Candi Majapahit di Mojokerto

Salah satu dari candi Majapahit yang berada di Kota Onde-Onde ini adalah Candi Tikus. Candi yang terletak di Desa Temon Kecamatan Trowulan, kota Mojokerto ini memiliki struktur bangunan yang unik dan berbeda dari candi-candi lainnya. Jika bangunan candi pada umumnya memiliki ukuran yang besar nan anggun, Candi Tikus memiliki bangunan candi yang mungil seperti miniatur. Letak candi mungil tersebut terletak tepat di tengah kolam air.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pelayanan Private Tempat Menginap Di Mandalika

Ada banyak dugaan yang muncul seputar tahun pembangunan serta tujuan dibangunnya candi yang ditemukan di tahun 1914 ini. Dugaan pertama adalah kawasan candi ini dulunya adalah sebuah pemandian (pertirtaan) keluarga kerajaan. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa dulunya adalah tempat penampungan air untuk warga Trowulan. Sedangkan beberapa pihak berkeras bahwa tujuan dari dibangunnya candi tersebut adalah sebagai tempat pemujaan layaknya candi-candi pada umumnya.

Whichever it is, buat Anda yang merasa penasaran Anda dapat mengunjungi candi ini dengan menempuh perjalanan sekitar 13 km ke sebelah Tenggara dari Kota Mojokerto. Akses menuju tempat wisata candi ini juga sangat mudah, Anda bisa memilih untuk menggunakan alat transportasi sepeda motor, mobil, maupun dengan menyewa bis pariwisata. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,- saja tiap orang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Indahnya Tempat Menginap Di Pulau Komodo

Setelah Anda puas menyaksikan keunikan arsitektur Candi Tikus, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Candi Bajang Ratu. Candi ini merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit di masa pemerintahan Raja Jayanegara, yang konon dibuat untuk menghormati serta memperingati wafatnya sang Raja. Dasar dari dugaan tersebut adalah ditemukannya relief Sri Tanjung atau yang berarti “pelepasan” di bagian kaki-kaki Candi.  Diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-14.

Candi Bajang Ratu terletak di Dusun Kraton, desa Temon, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Ia pertama kali ditemukan oleh seorang warga berwarganegaraan Belanda yaitu Oudheidkunding Verslag di tahun 1915. Dan pada masa pemerintahan Hindia Belanda, candi tersebut mengalami pemugaran. Hingga saat ini Candi Bajang Ratu sering dijadikan sebagai salah satu obyek wisata favorit, terutama bagi para siswa sekolah yang melakukan study tour.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Keliling Kota Di Amerika Tak Lebih Dari 3 Juta

Penasaran ingin melihat kemegahan bangunan candi masa lalu ini? Candi Bajang Ratu bisa diakses melalui jalan utama bypass Mojokerto-Jombang dengan jarak tempuh kurang lebih 200-300 meter. Sedangkan jika Anda bertolak dari Candi Tikus, jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 0.7 km. Dan karena rute menuju ke tempat wisata candi tersebut sudah beraspal mulus, Anda bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk menjangkau situs candi tersebut. Untuk tiket masuk pun, Anda hanya perlu mempersiapkan budget sekitar Rp 4.000,-.

Sekali-sekali tidak ada salahnya kan mengajak buah hati berwisata ke lokasi Candi Majapahit? Bukankah warga negara yang baik adalah ketika ia bisa menghargai sejarah dan peninggalan masa lalu bangsanya? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE