Mengintip Phu Quoc, Secuil Surga Di Vietnam | Breaktime
Mengintip Phu Quoc, Secuil Surga Di Vietnam
27.01.2017

Bicara tentang Vietnam, pernahkah B’timers mengunjungi salah satu negara di Asia Tenggara ini? Jika belum pernah, ketahuilah bahwa ternyata Vietnam punya potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Sebelumnya, selain memiliki wisata alam yang luar biasa, Vietnam juga terletak di bagian yang sangat strategis. Bagaimana tidak, di sebelah utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, sebelah barat laut berbatasan dengan Laos, sebelah barat daya berbatasan dengan Kamboja, dan sebelah timur terbentang Laut China Selatan.

Vietnam memang sangat baik untuk potensi wisatanya. Salah satu yang paling terkenal adalah Phu Quoc. Ini adalah sebuah pulau surga yang menjadi destinasi utama para traveler. Saat ini, Pulau Phu Quoc memiliki lima resort mewah yang menghadap pantai, casino dan golf, bandara internasional, rumah sakit internasional, dan bahkan kebun binatang.

The paradise island ini sepertinya pantas mendapat julukan demikian. Bagaimana tidak, selain fasilitas lengkap dengan standar internasional, pulau ini dilengkapi pula dengan lautan yang berwarna biru kehijauan, sunset yang menakjubkan, hamparan pasir putih yang sempurna, dan masih banyak lagi hal-hal yang sulit untuk digambarkan.

Di pulau ini terdapat tiga musim pilihan yang bisa Anda kunjungi, B’timers. Pertama, Anda bisa datang saat dry season yang dimulai bulan November sampai April. Namun, ini juga merupakan musim yang akan dipadati oleh wisatawan atau yang biasa disebut dengan peak season. Musim ini tidak berlangsung lama, hanya antara bulan Desember sampai Maret.

Mengintip Phu Quoc, Secuil Surga Di Vietnam | Breaktime
Sunbathing di Phu Quoc adalah hal wajib!

Namun, saat peak season ini Anda juga akan mendapatkan keuntungan menyaksikan berbagai macam even seperti Tet, beach music festivals, pageants, golf tournaments, marathons, dan masih banyak lagi. Jadi seru banget dan bakal ramai!

Nah, kalau rainy season atau musim hujannya pulau ini terjadi antara bulan Mei sampai Oktober. Tak masalah jika Anda pergi pada bulan-bulan ini, namun sepertinya Anda tidak akan bisa benar-benar menikmati pemandangan pantai yang jarang Anda dapatkan di tempat lainnya.

Pulau terletak di Provinsi Kien Giang yang jaraknya mencapai 45 km dari Vietnam dan hanya 4 km dari Kamboja. Phu Quoc memiliki total pulau sebanyak 28 pulau dengan luas total 593 km².

Mengintip Phu Quoc, Secuil Surga Di Vietnam | Breaktime
Menikmati sunset di atas perahu juga seru, lho!

Melihat luas pulau yang cukup besar, apa saja ya yang bisa dilakukan di sana? B’timers pasti banyak bertanya-tanya, kan kira-kira apa saja yang bisa dilakukan di sana. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana dan Breaktime telah merangkum lima hal terbaik yang bisa dilakukan di Phu Quoc.

Pertama Anda bisa melihat cantiknya sunset di Phu Quoc yang tidak ada tandingannya. Nah, lokasi yang oke banget untuk melihat sunset di sana, antara lain di sekitar Long Beach, di tebing samping Dinh Cau Temple, dan di atas boat di tengah laut. Kalau pilihan Anda adalah boat, maka Anda bisa juga memancing cumi-cumi saat malam menjelang.

Selanjutnya adalah menikmati kuliner di Phu Quoc Night Market. Setelah menikmati sunset, hal yang pas banget untuk dilakukan adalah pergi ke Phu Quoc Night Market untuk menikmati seafood terbaik di sana.

Sekali-sekali Anda boleh juga berwisata ke pabrik dengan melakukan factory tour. Nah, Phu Quoc punya solusinya, yaitu pabrik kecap ikan yang paling terkenal. Aroma unik dari kecap ikan yang diproduksi di sana bahkan tercatat sebagai Protected Designation of Origin di Eropa. Wow!

Mengintip Phu Quoc, Secuil Surga Di Vietnam | Breaktime
Santap seafood terbaik di Phu Quoc Night Market

Kalau B’timers yang suka petualangan, pergi saja ke Sao Beach. Ini adalah salah satu pantai terbaik di kepulauan Phu Quoc. Tempatnya masih sangat sepi dan bisa dibilang sebagai hidden paradise. Anda akan menemukan pasir putih, air laut yang hangat, dan semilir angin yang pas, tidak terlalu kencang. Anda bisa mengelilingi pulau Phu Quoc dengan menggunakan sepeda motor. Anda bisa mengenal masyarakat lokal di pulau ini dan masih banyak lagi.

Untuk menuju Phu Quoc ada dua cara yang bisa dilakuakan, yaitu dengan jalur udara dan laut. Anda bisa langsung menuju bandara internasional Phu Quoc. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi, shuttle bus, atau Xe Om. Untuk shuttele bus Anda akan dikenakan biaya 50.000 VND atau sekitar Rp 30 ribu. Nah, kalau Xe Om bisa dibilang seperti ojek yang bisa dipakai untuk solo traveler.

Kalau jalur laut ada dua pilihan jenis kapal Ferry, yaitu fast Ferry dan slow Ferry. Fast Ferry berangkat dari Ha Tien Town dengan waktu tempuh 1,5 jam menuju Phu Quoc. Sedangkan untuk slow Ferry membutuhkan waktu 2,5 – 3 jam perjalanan menuju Phu Quoc.

Hal pentingnya adalah sesuaikan segala sesuatunya dengan budget yang Anda bawa, B’timers. Anda harus pandai mengatur keuangan dan sebaiknya save your money mulai sekarang untuk liburan kece ke Phu Quoc. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE