Keindahan Terumbu Karang Di Pura Bawah Laut | Breaktime
Menengok Keindahan Terumbu Karang Di Pura Bawah Laut
31.12.2016

Pulau Bali sepertinya tidak akan pernah kehabisan destinasi wisata alam yang menakjubkan. Beberapa tahun terakhir ini sedang ramai di kalangan traveler tentang Pura Pemuteran atau pura bawah laut. Apakah B’timers pernah mendengarnya?

Pura ini menjadi destinasi pilihan para wisatawan yang hobi diving. Pura ini terletak di Teluk Pemuteran, Buleleng, Bali Utara. Saat menyelam, Anda akan menemukan keindahan yang menakjubkan yaitu bangunan candi dengan patung Buddha dan Ganesha serta koral atau terumbu karang warna-warni yang mulai menutupi permukaan candi-candi tersebut.

Pada awalnya, banyak orang mengira bahwa pura bawah laut ini merupakan peninggalan atlantis. Tetapi ternyata bukan. Pura ini merupakan buatan manusia, Chris Brown dan Paul Turley yang membeli candi di pembuat patung lokal Bali. Kemudian mereka menenggelamkannya. Ini dilakukan untuk melestarikan terumbu karang dan melatih penyelam yang ingin meraih level advance.

Keindahan Terumbu Karang Di Pura Bawah Laut | Breaktime
Surga bawah laut di Pura Pemuteran, Bali

Proyek yang mengusung konsep Bio Rock ini tidak sekedar di diamkan, tetapi juga dialiri listrik sebesar 6 – 10 volt hingga terumbu karang dianggap sudah dewasa. Ini mampu menghidupkan terumbu karang 2 – 6 kali lebih cepat daripada biasanya.

Di sana Anda akan dibawa menyelam hingga kedalaman 5 – 30 meter. Untuk menuju lokasi dari pelabuhan Gilimanuk berjarak 30 km ke arah kota Singaraja. Kalau dari Denpasar Anda harus menempuh jarak 3 – 4 jam perjalanan.

Di sana juga sudah dibangun banyak resort dan hotel mulai dari harga backpacker hingga yang paling mahal. Untuk diving Anda bisa menggunakan jasa agen yang sudah disediakan di sana, B’timers. Seru, deh pokoknya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE