Mcleod Ganj: Untuk Liburan Yang Tenang | Breaktime
Mcleod Ganj: Kawasan Religi Yang Sangat Cocok Untuk Liburan Yang Tenang
02.03.2017

Berlibur ke pantai atau gunung sepertinya sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Jika Anda bosan dengan liburan yang itu-itu saa maka Anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini Breaktime akan membahas mengenai liburan yang tidak biasa. Dimanakah itu? Mcleod ganj, adalah salah satu kawasan yang berada di India atau lebih tepatnya berada di kaki bukit Himalaya Pradesh.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan salju abadi dari puncak puncak Himalaya, dan tidak hanya itu saja Mcleod ganj juga menjadi tempat pengungsian orang Tibet dan juga kediaman Dalai Lama. Tempat ini sangat tentram dan damai, jadi akan sangat menyenangkan sekali berjalan-jalan dengan udara dingin dan dikelilingi penjuan berbagai kerajinan dan penjual makan yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Anda juga bisa berkunjung ke kuil-kuil tempat para biksu menuntut ilmu dan juga Anda bisa melihat-lihat rumah Dalai Lama, tentunya hanya sebatas dari luar saja karena para wisatawan tidak diperbolehkan untuk masuk.

Mcleod Ganj: Untuk Liburan Yang Tenang | Breaktime
tempat menenangkan dengan keindahannya

Mcleod ganj adalah tempat yang patut untuk dikunjungi karena pemandanganya yang sangat indah, udara yang dingin, dan tentunya keramahan penduduknya yang sangat menyenangkan. Disepanjang jalan ada banyak sekali bendera doa yang menggantung berwarna warni dan beraksara tibet. Tidak hanya dilangit jalanan saja, tapi di atap rumah, di ranting-ranting pohon ada begitu banyak bendera-bendera doa yag berwarna-warni.

Di kawasan Mcleod ganj ini juga berderet hotel-hotel dan pertokoan yang menjual souvenir khas Tibet. Mulai dari baju, dekorasi rumah, buku, hingga aksesoris lainnya bisa Anda temukan dengan mudah disepanjang jalan ini. Untuk restauran disini lebih banyak menjual makanan khas Eropa bukannya masakan Tibet atau India. Anda bisa menemukan Pastry shop atau cake dengan sangat mudah di tempat ini. Untuk segi penginapan Anda tidak perlu khawatir karena disini hotel dibanderol dengan sangat murah namun menyajikan pemandangan perbukitan bersalju.

Penduduk Tibet disini begitu sangat religius, Anda akan melihat banyak orang berlalu lalang sambil menggenggam tasbih di tangan untuk doa. Wanita Tibet dengan baju panjang juga berjalan kesana kemari, sebagian merajut kaos kaki dan sweater untuk dijual di kawasan jalan Mcleod ganj ini.

Sekilas kawasan ini mirip dengan Kuta, Bali. Dimana jalanan yang lebar diisi dengan turis mancanegara. Namun, kebanyakan dari mereka tidak hanya sekedar travelling disini, tapi sudah tinggal berbulan-bulan dsini. Dan kebanyakan adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang agama Budha.

Tidak hanya wisatawan, Mcleod ganj juga dikunjungi oleh biksu Budha dari seluruh dunia karena disini adalah tempat tinggal dari Dalai Lama. Mulai dari Mongoia sampai dari Eropa semua datang ke tempat ini. Tidak hanya sekedar untuk bertemu Dalai Lama, tapi mereka juga belajar tentang agama Budha dan kedamaian hidup. Jangan heran, jika saat Anda datang ke tempat ini bertemu dengan banyak sekali Biksu pria maupun wanita yang mengenakan jubah warna merah marun ala Dalai Lama.

Ditempat ini Anda akan belajar banyak sekali sejarah, terutama yang berhubungan dengan agama Budha dan kawasan ini juga menyuguhkan banyak sekali paket-paket wisata yang harganya terbilang murah, termasuk salah satunya adalah harga sewa kamar hotel dan makanannya. Jadi dalam segi biaya Anda tidak perlu begitu mencemaskannya. (dsa)

Share This Article