Mau Pergi ke Solo, Ini Travel Guide untuk Anda | Breaktime
Mau Pergi ke Solo, Ini Travel Guide untuk Anda
03.07.2016

Solo adalah salah satu kota besar yang terletak di Jawa Tengah. Kota dengan nama asli Surakarta ini punya slogan “Spirit of Java” karena memang di sini pusatnya kebudayaan Jawa yang kental. Tahukah B’timers? Solo dan Yoyakarta adalah dua kota yang merupakan warisan dari kerajaan Mataram, yang dulu terpisah pada tahun 1755.

Terletak 100 km di selatan Semarang, dan 60 km di timur Yogyakarta, Solo juga punya banyak sekali atraksi turis mulai dari wisata budaya seperti Keraton Solo hingga kuliner seperti gudeg dan selat Solo yang terkenal. Nah, jika Anda ingin pergi berwisata ke Solo, berikut travel guide untuk Anda.

Naik pesawat

Meski kotanya kecil, di Solo terdapat Bandara Internasional Adisumamo yang terletak 10 km di utara kota, bandara ini sendiri merupakan bandara kecil. Ada kurang lebih 8 penerbangan ke Jakarta setiap hari. Anda juga bisa naik pesawat dan turun di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta, lalu naik taksi ke Solo dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Naik bis

Terminal bis utama tidak berada di kota Solo sendiri, melainkan di Kartasura, sekitar 12 km di arah barat pusat kota. Setiap hari ada bis yang beroperasi dari dan ke berbagai kota. Sedangkan, terminal bis kota, Tirtonadi, melayani keberangkatan ke destinasi sekitar Solo seperti Yogyakarta.

Mau Pergi ke Solo, Ini Travel Guide untuk Anda | Breaktime
Suasana jalanan kota Solo yang ramai di siang hari

Naik kereta api

Ada kereta express yang bisa Anda pilih jika Anda ingin pergi ke dan dari Solo. Layanan kereta api express antara lain adalah Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima dan Gajayana untuk Jakarta, Argo Wilis dan Lodaya untuk Bandung, serta Argo Wilis dan Sancaka untuk Surabaya. Stasiun utama Solo adalah Solo Balapan, lalu ada juga Purwosari dan Jebres yang hanya digunakan untuk layanan kereta api ke Yogyakarta.

Berkeliling kota Solo

Untuk menikmati nuansa Jawa yang kental di kota Solo, Anda bisa berkeliling kota naik kendaraan sewaan seperti mobil, atau bisa juga naik taksi. Anda pun bisa merasakan pengalaman naik dokar dan becak, atau bersepeda sekaligus olahraga.

Itulah pilihan transportasi yang bisa B’timers gunakan untuk pergi ke Solo dan berkeliling di kota Solo yang asri. Selamat traveling! (md)

Share This Article