Mau Pergi ke Banyuwangi Ikuti Guide dan Tips Ini | Breaktime
Mau Pergi ke Banyuwangi, Ikuti Guide dan Tips Ini
07.06.2016

Apa B’timers sedang merencanakan liburan ke Banyuwangi? Kota di ujung timur pulau Jawa ini mungkin tak sepopuler tujuan wisata lainnya di Indonesia, namun Anda bisa menjumpai banyak destinasi yang asyik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam Kawah Ijen hingga Taman Nasional Baluran yang juga selalu dilewati bus ke Bali. Nah, bagi yang ingin pergi ke Banyuwangi, Anda bisa ikuti tips-tips dan guide ini:

Naik kereta api

Stasiun kereta api Banyuwangi letaknya dekat dari pelabuhan Ketapang, sekitar 300 meter ke arah utara. Tempat duduk di dalam kereta tersedia dengan fasilitas AC untuk kelas bisnis dan eksekutif. Anda bisa naik kereta api dari kota-kota besar seperti Surabaya dan Probolinggo.

Naik bus

Anda juga bisa memilih naik bus untuk pergi ke Banyuwangi. Terminal bus utama di sini adalah Sri Tanjung, terletak 2 km dari pelabuhan Ketapang. Dari Surabaya, jarak Banyuwangi adalah sekitar 285 km dan naik bus membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Mau Pergi ke Banyuwangi Ikuti Guide dan Tips Ini | Breaktime
Naik bus untuk pergi ke Banyuwangi

Naik kapal ferry

Anda yang berada di Bali dan ingin ke Banyuwangi bisa naik kapal ferry yang berlabuh dari Gilimanuk ke Ketapang setiap 30 menit, dengan jam operasi 24 jam sehari. Lama perjalanan menyeberang sekitar 45 menit.

Naik pesawat

Di banyuwangi terdapat bandara kecil yaitu Blimbingsari yang letaknya sekitar 9 km arah selatan kota. Maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih adalah Wings Air dan Garuda, yang biasanya berangkat dari Surabaya dengan lama perjalanan sekitar 50 menit.

Dengan berbagai pilihan alat transportasi tadi, B’timers bisa pergi ke Banyuwangi dengan cara yang paling nyaman dan disukai. Berwisata bersama orang-orang terdekat pun terasa makin berkesan dan menyenangkan. (md)

Share This Article