Mau Liburan ke Jambi? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini! | Breaktime
Mau Liburan ke Jambi? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini!
26.07.2016

Eksplorasi seluruh wilayah Indonesia memang sangat menyenangkan ya, B’timers. Apalagi liburan ke sebuah provinsi di Pulau Sumatra, yups, Jambi. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh buat melancong di provinsi yang sekarang dipimpin oleh Zumi Zola ini.

Jalur udara dan jalur darat

Jika ingin cepat dan nyaman, memang sebaiknya memilih jalur udara melalui Bandara Sultan Taha, sih. Tapi jika B’timers adalah backpacker sejati, sepertinya jalur darat dari Terminal Alam Barajo akan jadi pilihan yang paling disukai, kan?

Mau Liburan ke Jambi? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini! | Breaktime
Gubernur Jambi, Zumi Zola

Namun, untuk lebih nyaman memang sebaiknya menggunakan pesawat. Anda lebih bisa menghemat waktu jika dibandingkan dengan non air transportation yang memerlukan sehari semalam untuk bisa sampai di Jambi. Harga tiket pesawat juga sebenarnya tidak terlalu mahal, kok. Anda hanya perlu mengeluarkan doku antara Rp 270 ribu - Rp 600 ribu dari ibukota Jakarta. Syukur-syukur bila Anda dapat kursi promo. Jackpot, dong!

Transportasi

Sudah termasuk sebagai kota besar, Anda tidak perlu merisaukan masalah transportasi. Di Jambi berbagai macam moda angkutan seperti taksi, bus, kereta, ojek, angkot atau rental mobil sudah tersedia. Tinggal memilih sesuai kebutuhan dan tujuan.

Angkutan umum cukup murah di sana yaitu sekitar Rp 2000 untuk sekali jalan. Jika Anda suka ojek, sediakan Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per penumpang. Sewa mobil lain lagi, Anda akan dikenakan tariff sekitar Rp 500 ribu untuk armada terkenal yang sangat memadai.

Mau Liburan ke Jambi? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini! | Breaktime
Indahnya danau kerinci

Penginapan di Jambi

Seperti transportasi, ada banyak sekali penginapan yang bisa Anda pilih untuk tempat peristirahatan di seluruh daerah Provinsi Jambi. Sebagai kota yang tengah mengembangkan pariwisata tentu saja juga memiliki ribuan hotel yang layak untuk Anda singgahi. Untuk harga juga bervariatif, tergantung kebutuhan Anda, B’timers!

Destinasi wisata

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu, ya? Baiklah, Jambi memang sedang mengembangkan pariwisatanya, B’timers. Jadi, dijamin tidak ada yang mengecewakan dari sederet wisata yang ada di sana. Ada banyak tempat wisata keren yang bisa Anda kunjungi saat di Jambi. Di antaranya, Danau Kerinci, Air Panas Semurup, Taman Mini hingga Taman Rimba Jambi.

Tips wisata di Jambi

  1. Ada acara tahunan di Kerinci bernama Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang digelar di pertengahan tahun.
  2. Jangan lupa cicipi Tempoyak, masakan khas Jambi yang terbuat dari asam durian dan dapat diolah menjadi sambal, gulai dan sebagainya. Harga 100 gram sambal Tempoyak sekitar Rp 11 ribu.
  3. Belilah oleh-oleh khas Jambi yang terkenal, yaitu Delon. Anda bisa mendapatkannya di Jl. Komprol M. Taher No. 1-2, Talang Banjar, Jambi, terdapat berbagai macam oleh-oleh mulai dari pernak-pernik sampai masakan khas Jambi di sini.

Selamat berlibur di Jambi, B’timers! (nap)

Share This Article