Mau Liburan ke Banda Aceh? Ini Guide untuk Anda | Breaktime
Mau Liburan ke Banda Aceh? Ini Guide untuk Anda
12.06.2016

B’timers yang traveler, mau liburan ke mana kali ini? Cobalah bepergian ke ujung barat Indonesia dan melihat keindahan alam serta pesona budaya yang ada di Aceh. Banda Aceh tepatnya, merupakan ibukota provinsi Aceh yang terletak di pulau Sumatera. Salah satu keajaiban yang ada di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman yang dibangun pada tahun 1022 H/1612 M oleh Sultan Iskandar Muda.

Saat terjadi tsunami pada tahun 2004, masjid ini tetap berdiri kokoh meski dihantam tsunami dan menjadi tempat berlindung bagi rakyat Aceh. Nah, selain masjid, Aceh juga sangat terkenal dengan budayanya yakni Tari Saman dan kulinernya seperti mie Aceh. B’timers yang sedang merencanakan pergi ke Aceh, bisa ikuti guide berikut ini.

Mau Liburan ke Banda Aceh? Ini Guide untuk Anda | Breaktime
Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh

Pergi naik bus

Setiap hari, ada bus malam yang terus beroperasi, khususnya dari Medan ke Banda Aceh. Dengan kisaran harga tiket mulai dari Rp 110 ribu hingga Rp 200 ribu, Anda bisa memilih bus yang ingin Anda tumpangi. Ada juga mini bus yang bisa Anda pilih dengan harga lebih murah.

Pergi naik pesawat

Di Aceh, terdapat bandara bernama Sultan Iskandar Muda, yang namanya diambil dari nama sultan Aceh kedua belas, yakni Iskandar Muda. Ada pesawat yang terbang dari Medan ke Aceh dan sebaliknya setiap hari, dengan lama perjalanan sekitar satu jam. Dari Jakarta, penerbangan ditempuh selama sekitar 2 jam 40 menit. Anda bisa memilih maskapai mulai dari AirAsia, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Susi Air.

Pergi naik kapal

Pelabuhan kapal ferry terdekat adalah Belawan, yang juga dekat dengan Medan. Di sini juga tempat menepinya kapal-kapal dari Batam, khususnya yang datang dari Singapura. Dari Ulhee-lhee, pelabuhan Banda Aceh, Anda juga bisa pergi ke Pulau Weh.

Itulah alternatif transportasi yang bisa B’timers pilih untuk pergi ke Aceh, tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, ya. (md)

Share This Article