Mau ke Gunung Kidul Bingung Rute? Catat Ini! | Breaktime
Mau ke Gunung Kidul Bingung Rute? Catat Ini!
04.08.2016

Liburan ke Yogyakarta kurang lengkap tanpa ke gunung kidul. Nah, masalahnya masih banyak yang bingung bagaimana cara agar bisa sampai ke gunung kidul. Jangan bingung, B’timers. Simak panduan rutenya berikut ini.

Jalur dari Tengah seperti dari kota Klaten

Dari Semanu ke  Giripanggung ke Sumberwungu ke Klayu ke Gude ke Blekonang kemudian Winangun dan Pantai Siung. Atau bisa juga dari arah Giripanggung menuju Cuelo ke selatan kemudian Winangun dan pantai Siung.

Rute dari Kota Solo

Solo ke Sukoharjo menuju Wonogiri ambil arah Wuryantoro kemudian Eromoko kemudian Pracimantoro kemudian Rongkop kemudian Girisubo kemudian Purwodadi yang masuk kecamatan Tepus dan terakhir Pantai Siung.

Mau ke Gunung Kidul Bingung Rute? Catat Ini! | Breaktime
Jalannya pun indah

Jalur dari Timur

bisa dari Pracimantoro ke arah Kecamatan Rongkop atau Baran ke selatan arah Nglindur ke Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan ke pasar Jepitu kemudian lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung. Ada alternative lain yang bisa dilakukan untuk menuju Gunung Kidul dari jalur timur.

Anda bisa datang dari Timur atau Utara  ke arah Song Banyu atau arah pantai Sadeng ke pertigaan ke kanan arah Pasar Ngrancah (kalau ke kiri ke Pantai Sadeng) ke pertigaan yang ada Tugu di tengah kemudian Belok Kiri arah ke Pasar Jepitu setelah itu lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung.

Rute kawasan Pantai

Wonosari ke Mulo, dari pertigaan Mulo ini lurus saja ke arah Baron, 1km sebelum Pantai Baron ada pertigaan ambil ke kiri ke arah Pantai Kukup, Pantai sepanjang, Pulau Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti kalau terus menuju Desa Tepus dan pertigaan Winangun atau Nangun ke kanan arah Pantai Siung.

Mau ke Gunung Kidul Bingung Rute? Catat Ini! | Breaktime
Indahnya pemandangan gunung kidul

Dari arah Tanjungsari

Dari pertigaan Mulo, kita harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana kita akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini kita dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal.

Dari arah Tepus

Jika dari daerah Tepus, pemandangan perbukitan karst dan pedesaan akan mewarnai perjalanan kita. Kita akan melewati pusat kecamatan Tepus kemudian akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km,kita akan tiba di Pantai Indrayanti.

Sudah tidak bingung lagi? Anda mau menggunakan jalur yang mana? (nap)

Share This Article