Liburan Seru & Nggak Mahal, Goa Gajah Solusinya! | Breaktime
Liburan Seru & Nggak Mahal, Goa Gajah Solusinya!
24.02.2017

Goa gajah jadi destinasi wisata di Bali yang nggak kalah menariknya dengan wisata lain yang sudah lebih dulu terkenal. Goa Gajah sebenarnya adalah sebuah pura yang masih aktif sebagai tempat sembahyang, sekaligus menjadi tujuan wisata untuk turis domestik maupun mancanegara.  Apa yang membuat Goa Gajah jadi sangat populer di kalangan wisatawan? Banyak faktor yang menjadikan Goa Gajah sebagai tempat wisata.

Goa Gajah memiliki sejarah panjang yang pantas untuk ditelisik. Apalagi nama Goa Gajah juga tercantum dalam Kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca. Selain itu, komplek Pura Goa Gajah ini juga seru banget untuk dijelajahi. Mulai dari sebuah kolam dengan dikelilingi arca yang mengeluarkan pancuran air sampai dengan sebuah goa yang disebut Goa Gajah yang dulunya dijadikan sebagai tempat bertapa oleh para Bhiksu.

Ketika B’timers berkunjung ke Goa Gajah, Anda akan merasakan nuansa sejarah dan spiritual yang sangat kental. Dimana lokasi Goa Gajah ini? Lokasinya berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Kalau dari kota Denpasar Anda harus menempuh jarak sejauh 29 km atau waktu tempuh sekitar 45 menit kalau keadaan jalan tidak macet.

Liburan Seru & Nggak Mahal, Goa Gajah Solusinya! | Breaktime
Arca di kolam Goa Gajah (Photo by Google)

Untuk pergi ke sana Anda bisa menyewa sepeda motor yang biasanya disewakan dengan harga Rp 75 ribu per harinya atau menyewa mobil dengan harga sewa Rp 400 ribu per hari sekaligus supir. Tetapi harga tersebut bisa naik dalam waktu-waktu tertentu, khususnya pada saat musim liburan.

Tetapi jika Anda berangkat dari Pura Taman Ayun bisa menempuh jarak lebih dekat yaitu sekitar 19 km atau kurang lebih 30 menit tanpa macet. Goa Gajah ini lokasinya berada di Ubud. Suasana asri benar-benar terasa di pura ini. Goa Gajah ditanami dengan banyak pepohonan tua yang menjulang tinggi dengan daun yang rindang.

Kapan waktu yang tepat mengunjungi Goa Gajah? Tenang saja, B’timers bisa mengunjungi pura ini kapanpun, karena pura ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 04.00 sore. Nah, untuk biaya masuknya juga nggak perlu khawatir karena Anda tidak akan ditarik dengan biaya yang mahal. Untuk orang dewasa hanya perlu membayar sebesar Rp 15 ribu, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp 7,5 ribu.

Liburan Seru & Nggak Mahal, Goa Gajah Solusinya! | Breaktime
Bagian dalam Goa Gajah (Photo by Google)

Tak hanya menyuguhkan bangunan bersejarah dan alam yang asri, Goa Gajah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari lapangan parkir kendaraan yang luas, toko-toko souvenir, sampai dengan stands yang menjual berbagai snack dan minuman. Jadi nggak perlu takut kelaparan, kan?

Untuk akomodasi Anda juga nggak perlu khawatir. Lokasi Goa Gajah yang strategis, yaitu di Ubud tentu sudah sangat banyak penginapan mulai dari tipe guest house sampai dengan resort mewah. Semua sudah ada di Ubud.

Jadi tunggu apalagi B’timers, rencanakan liburan ke Bali karena sekarang Bali tak melulu pantai. Anda bisa belajar banyak sejarah menarik di Pulau Dewata dan kalau ke sana jangan lupa untuk menyempatkan waktu mampir ke Goa Gajah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE