Liburan Hits A La Maldives Ke Kepulauan Kei | Breaktime
Liburan Hits A La Maldives Ke Kepulauan Kei
17.02.2017

Kepulauaan Kei di tenggara Maluku, kini jadi primadona bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pesona kecantikan Kepulauan Kei memang tak bisa diragukan lagi. Kepulauan ini memiliki berbagai destinasi alam yang masih belum terjamah oleh tangan wisatawan. Masih sepi dan benar-benar alami. Meski begitu, lokasinya memang tidak terlalu mudah untuk dijangkau.

Lokasinya yang ada di tenggara Maluku hanya bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat kecil yang beroperasi setiap hari. Sebelumnya, jika Anda berasal dari luar pulau Maluku, bisa naik penerbangan dari kota asal Anda menuju Bandara Pattimura di Ambon. Setelah sampai di Bandara Pattimura, B’timers bisa langsung mengambil penerbangan ke Bandara Internasional Karel Satsuitubun di Langgur. Setelah sampai di Langgur, Anda bisa naik kendaraan ke Desa Debut dan menumpang speedboat ke Warbal.

Jarak dari Bandara Pattimura menuju Langgur sekitar 1,5 jam. Biaya pesawat yang Anda keluarkan untuk satu kali penerbangan adalah Rp 1,8 juta. Namun sayangnya, bandara internasional ini tidak terawat dengan baik. Fasilitas yang diberikan terlihat memprihatinkan.

Liburan Hits A La Maldives Ke Kepulauan Kei | Breaktime
Bandara Karel Satsuitubun (Photo by Google)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat berada di Langgur Anda bisa menggunakan kendaraan yang ada di sana. Terdapat angkutan umum, namun rute dan armadanya terbatas. Anda juga bisa menyewa mobil di bandara. Untuk harga sewa perharinya sebesar Rp 400 ribu lengkap dengan supir yang sekaligus menjadi tour guide Anda.

Untuk waktu terbaik datang ke Kepulauan Kei ini adalah antara bulan April-Mei dan Oktober-Desember. Ini karena ombaknya cenderung tenang di bulan-bulan tersebut dan Anda bisa lebih bebas mengeksplor Kepulauan Kei.

Sebenarnya, kepulauan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kepulauan Kei Besar dan Kepulauan Kei Kecil. Anda hanya tinggal memilih saja ingin pergi kemana. Untuk akomodasi dan penginapan sudah sangat lengkap. Banyak cottage dan villa yang disewakan di sana oleh warga lokal. Di Kepulauan Kei Kecil ada dua cottage yang recommended banget, yaitu Coaster Cottage dan Savana Cottage.

Untuk Savana Cottage, biaya penginapannya per malam Rp 100 ribu. Namun ini bisa sewaktu-waktu berubah harga dalam waktu tertentu. Harga tersebut sudah termasuk breakfast lho B’timers. Untuk makanan lainnya Anda bisa beli di warung-warung makan, mencicipi kuliner khas Maluku, atau membeli paket dinner di cottage dengan hanya membayar Rp 35 ribu/orang.

Di Kei banyak penduduk lokal yang membuat perkampungan. Uniknya, Desa Kristen dan Muslim terpisah. Namun, mereka tetap menjaga toleransi satu sama lain. Asyik banget deh, B’timers. Selain Anda menikmati berbagai pantai di Kei, Anda juga bisa belajar banyak hal dari masyarakat sana yang ramah dan menyenangkan.

Liburan Hits A La Maldives Ke Kepulauan Kei | Breaktime
Savana Cottage Kei (Photo by Google)

Tempat-tempat wisata yang dikunjungi banyak, sih. Ada Gua Hawang, Bukit Masbait, Pantai Madwear, Pantai Ngurbloat, dan masih banyak lagi. Saat liburan ke Kei, Anda hanya perlu menyiapkan budget untuk transportasi, penginapan, dan makan, karena semua destinasi di sana tidak ditarik biaya.

Kalau traveling, nggak lengkap kalau nggak bawa oleh-oleh, kan? Anda bisa tuh beli oleh-oleh Enbal dan kacang botol. Enbal adalah makanan ringan khas Kei yang terbuat dari singkong dan cocok banget disantap saat sedang minum kopi atau teh. Enbal juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dan dimakan dengan ikan masak kuah.

Sedangkan kacang botol adalah kacang goreng yang dikemas dalam botol bekas.Botol yang digunakan adalah botol bekas beer, kecap, ataupun sirup. Dijamin deh, nggak akan rugi kalau B’timers memutuskan untuk liburan ke Kepulauan Kei. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide