Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih? | Breaktime
Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih?
23.08.2017

Meski berlokasi terpisah dari bagian bumi yang lain, Australia merupakan salah satu destinasi wisata kesayangan di Asia, Eropa, maupun orang-orang seluruh dunia. Sayangnya, letaknya yang jauh di tengah samudera serta biaya hidup dan upah pekerja yang terkenal tinggi membuat liburan ke Australia menjadi tak ramah kantong. Bagaimana ya cara menyiasatinya? Yuk, rencanakan liburan B’timers ke Australia dengan bijak agar tidak overspend.

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah kurs Rupiah ke Dolar Australia dari waktu ke waktu. Ada baiknya Anda memilih waktu liburan ketika kurs sedang tidak melonjak naik. Segera booking tiket pesawat ke Australia begitu mendapatkan penawaran termurah. Dibukanya berbagai hotel dan maskapai penerbangan baru di penjuru Australia membuat persaingan antar berbagai pilihan moda transportasi dengan pesawat semakin terbuka, selain dari dibukanya penawaran dan diskon yang membuat tur keliling Australia menjadi lebih terjangkau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dinner di Hotel Nusa Dua Beach Bisa Sekeren Ini!

Di antara beberapa kota besar di Australia, penerbangan Internasional dengan tujuan Sydney atau Perth biasanya mematok harga lebih murah, asalkan Anda tidak keberatan untuk melakukan transit berulang kali. Selain itu, meski suasana summer beach Australia selalu menggoda, Anda sebaiknya menghindari berwisata ke sana saat tengah musim panas. Dikenal juga sebagai winter sun holiday, anggaran liburan ke Australia akan membengkak pada saat musim panas karena merupakan puncak musim liburan dengan banyaknya turis dari Eropa sehingga harga cenderung naik. 

Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih? | Breaktime
Bondi Beach, pantai favorit wisatawan di Australia

Untuk transportasi darat, Anda dapat berhemat banyak apabila memilih dengan cermat. Harga pesawat dan sewa mobil cenderung lebih mahal di tepi timur Australia yang padat penduduk. Akan tetapi, transportasi umum di tepi barat Australia lebih jarang dan sulit didapatkan daripada di tepi timur. Untuk alternatif yang lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan Greyhound bus maupun tourist bus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Tempat Wisata Waterboom Di Jakarta

Sama seperti harga pesawat, tarif penginapan di tepi barat Australia juga jauh lebih murah daripada di tepi timur. Apabila Anda berencana untuk surfing, cobalah menginap di hunian para surfers lokal. Selain menghemat pengeluaran untuk hotel, Anda juga dapat mengurangi biaya makan di tempat umum dan menikmati interaksi dengan penduduk dan budaya lokal. Daripada menginap di hotel, Anda dapat menjajal tur wisata inclusive yang menggabungkan biaya penginapan dan perjalanan. Selain praktis, inclusive holiday tour juga lebih murah. Apabila Anda melakukan budgeting dengan cerdas, Anda dapat menghabiskan 64-77 Dolar Australia saja per harinya. Agar tidak kehabisan dana liburan, Anda sebaiknya menyiapkan $100 AUD per harinya sebagai anggaran darurat apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. B’timers yang tak keberatan menghabiskan waktu perjalanan keliling Australia dalam waktu lama sebaiknya mencoba sistem kereta api Australia yang meski jadul ternyata jauh lebih murah serta menawarkan perjalanan yang unik.

Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih? | Breaktime
Salah satu landmark Australia, Uluru National Park

Selain transportasi dan penginapan, biaya makan seringkali menyita sebagian besar budget liburan Anda. Mahalnya living cost berdampak juga terhadap biaya makan. Untuk tiap porsi makanan, Anda harus merogoh kocek sekitar 15-20 Dolar Australia atau sekitar Rp 210.000,00. Makan mewah di restoran high-end berkisar $ 40 AUD, sedangkan seporsi makanan cepat saji di McDonald’s dipatok $ 8 AUD. Berhati-hatilah saat hendak mencoba membeli minuman keras di Australia karena harganya yang cenderung mahal, sekitar $ 8 AUD. Pilihlah goon atau wine botolan yang jaub lebih murah. Minum di backpacker bars rupanya juga lebih murah lho, B’timers, yakni hanya $ 4-5 AUD saja. Untuk lebih berhemat, Anda dapat mencoba berbelanja dan memasak menu sederhana seperti pasta.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Kekinian Tempat Wisata Bogor dan Puncak

Selain berkeliling kota besar, destinasi wisata favorit di Australia ialah beach holiday atau outback tour. Wisata pantai di mainland Australia terkenal lebih murah daripada di pulau-pulau kecil seperti Tasmania, Lord Howe, dan Kangaroo Island. Untuk menikmati beach holiday nan murah di Australia, cobalah berkunjung ke Yorke Peninsula di Australia Selatan atau kota-kota di Australia barat seperti Dongara, Geraldton, dan Kalbarri. Salah satu pantai favorit di Australia bagi wisatawan domestik maupun asing ialah Pantai Bondi di New South Wales. Selain beach holiday, nikmati juga ekstisme alam terbuka melalui destinasi wisata outback pilihan seperti stargazing di Uluru National Park, keajaiban geografis di Pinnacles, maupun bertualang di Flinders Ranges.

Tak sabar untuk menjelajah alam dan berenang di birunya pantai Australia? Segera kemasi backpack Anda dan pesan penerbangan sekarang juga ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE