Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan | Breaktime
Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan
19.04.2017

Lembah Baliem yang legendaris memang telah lama  menjadi tujuan wisata yang tidak kalah populernya dengan destinasi lainnya yang ada di Papua, B’timers. Terletak di pedalaman Papua, para Suku Dani yang menempati kawasan tersebut bahkan masih bergantung dengan aneka peralatan yang terbuat dari batu, tulang, hingga kayu, lho, B’timers.

Hal tersebut dibuktikan oleh peneliti sejarah asal Amerika, Richard Archbold yang melakukan perjalanan ekspedisi pada tahun 1938 di Lembah Baliem, B’timers. Dan sejak masuknya kepercayaan agama Kristen, penduduk Lembah Baliem mulai menggantikan peralatan tradisionalnya dengan kemajuan teknologi dan salah satunya adalah ponsel.

Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan | Breaktime
Keindahan yang diburu wisatawan. Photo by Google

Namun meskipun demikian, mereka tetap tinggal di dalam dunia yang cukup tersembunyi dari dunia lain yang ada di sekitar mereka. Sisi tradisional yang masih dipertahankan hingga saat inilah yang justru jadi daya tarik para wisatawan untuk datang dan mengunjungi Lembah Baliem yang menawarkan keindahan eksotis tersebut, B’timers. Pengalaman nan unik ini begitu didambakan oleh para wisatawan.

Baca juga: THE BEST VACATION DEALS FOR TWO KE PULAU TIDUNG!

Tentu saja dengan mengunjungi Lembah Baliem, para wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat penuh dengan pesona. Ditambah lagi dengan jalur trekking yang bisa dibilang cukup menantang. Wah, inilah jawaban yang paling dinantikan oleh para penggila wisata ekstrem, B’timers. Menginjakkan dan mengayunkan kaki di dataran terasing menjadi satu kehormatan tertinggi bagi wisatawan.

Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan | Breaktime
Jalur trekking yang menantang. Photo by Google

Untuk kebanyakan wisatawan yang telah datang serta menyapa dunia penuh dengan ukiran yang begitu mempesona ini, Lembah Baliem adalah titik yang paling penting dan juga puncak keindahan yang masih perawan dan tersembunyi milik dari Papua. Seluruh tekanan dalam hidup yang selama ini membebani Anda, bahkan akan langsung terurai begitu Anda menghirup suasana di Lembah Baliem.

Baca juga: 3 PAKET RESORT MURAH RAJA AMPAT BUAT DOMPET SEHAT

Lembah Baliem, terletak di Dataran Tinggi Tengah Barat New Ginea. Kota utama di Lembah Baliem yaitu Wamena. Dan satu-satunya cara Anda untuk mencapai Wamena adalah dengan terbang  menggunakan pesawat dari Jayapura, B’timers. Lama perjalanan dari Jayapura ke Wamena adalah selama kurang lebih  40 menit. Untuk harga tiket pesawat dari Jakarta ke Jayapura adalah sekitar Rp 2 juta – Rp 4 juta. Lalu dari Jayapura ke Wamena adalah sekitar Rp 600 ribu – RP 700 ribu.

Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan | Breaktime
Wamena kota utama di Lembah Baliem

Selain dari maskapai komersial, Anda juga bisa menaiki pesawat Hercules yang terbang dari Timika atau Sorong menuju ke Wamena, B’timers. Namun sayangnya apabila Anda menggunakan pesawat Hercules adalah jadwal penerbangannya yang tidak bisa dipastikan. Untuk pemberitahuan, biasanya mereka akan mengumumkan jadwal keberangkatandua hari sebelumnya. Keuntungan dibandingkan dengan pesawat komersial adalah, harga yang ditawarkan jauh lebih murah, B’timers.

Baca juga: PAKET WISATA MURAH BUAT LIBURAN ANDA BERKESAN

Nah, sebagai kota utama yang ada di Lembah Baliem, Wamena menjadi titik awal dari setiap perjalanan wisata menuju berbagai destinasi, seperti kawasan Suku Lani, Suku Dani dan Suku Yali, B’timers. Dengan perjalanan darat, dibutuhkan setidaknya waktu selama 30 hari perjalanan menuju salah satu titik wisata yang berada di pedalaman.

Lembah Baliem Sisi Eksotis nan Berpadu Keindahan | Breaktime
Daya tarik Papua yang begitu unik. Photo by Google

Meskipun berada di salah satu kawasan terpencil, namun Wamena memiliki berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan, lho, B’timers. Mulai dari layanan listrik, pasokan air bersih hingga sejumlah hotel serta tempat menginap lainnya. Bahkan Anda bisa melakukan pemesanan akomodasi secara online, B’timers. Sementara untuk fasilitas di masing-masing hotel, adalah TV kabel, dengan ranjang yang nyaman. Tetapi sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan layanan internet di penginapan.

Itulah beberapa panduan untuk Anda yang memiliki rencana mengunjungi dan merasakan pesona yang memabukkan dari Lembah Baliem, B’timers. Selamat menjelajah! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE