Langkah Mudah Rencanakan Trip untuk Pertama Kali | Breaktime
Langkah Mudah Rencanakan Trip untuk Pertama Kali
24.04.2016

Perjalanan wisata harus direncanakan dengan matang agar dapat berlangsung menyenangkan. Nah, bagi B’timers yang pertama kali merencanakan perjalanan wisata, beberapa hal berikut ini bisa disiapkan untuk mempermudah Anda.

Tentukan destinasi wisata

Sebelum berangkat, Anda tentu harus menentukan terlebih dahulu lokasi yang akan Anda tuju. Pertama, tentukan terlebih dahulu kota tujuan. Selanjutnya, pilih beberapa lokasi wisata menarik yang terdapat di kota tersebut ataupun sekitarnya. Kumpulkan informasi lokasi wisata sebanyak-banyaknya sebelum Anda memilih untuk mengunjunginya.

Langkah Mudah Rencanakan Trip untuk Pertama Kali | Breaktime
Persiapkan segalanya dengan matang

Tentukan lama perjalanan

Melakukan perjalanan wisata, tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar. Untuk itu, tentukan berapa hari Anda ingin berwisata. Pertimbangkan pula waktu perjalanan yang Anda butuhkan untuk mencapai lokasi tersebut. Memastikan berapa lama Anda akan pergi, akan memudahkan untuk memilih lokasi wisata yang tepat.

Siapkan biaya perjalanan

Siapkan dana perjalanan dengan matang ya, B’timers. Perjalanan wisata dengan waktu yang lebih lama, tentu akan membutuhkan biaya yang lebih banyak. Selain tiket dan transportasi, Anda juga membutuhkan makanan dan tempat istirahat selama wisata. Pertimbangkan pula uang cadangan untuk berjaga-jaga jika sesuatu terjadi. Jika memungkinkan, Anda bisa membawa sedikit bekal atau makanan instan dari rumah agar biaya yang dikeluarkan selama perjalanan wisata jauh lebih hemat.

Langkah Mudah Rencanakan Trip untuk Pertama Kali | Breaktime
Pastikan segala kebutuhan telah Anda bawa

Siapkan kebutuhan

Selain biaya perjalanan, pastikan juga Anda menyiapkan segala kebutuhan dengan baik. Misalnya membawa kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan bahan bakar terisi penuh.

Selain itu, siapkan pakaian yang akan Anda bawa jauh-jauh hari. Untuk menyiapkan pakaian yang dibawa, alangkah baiknya jika Anda menyesuaikan dengan destinasi tujuan yang telah Anda rencanakan. Misalnya celana pendek untuk bermain air di pantai, ataupun mantel hangat untuk menikmati indahnya pemandangan pegunungan.

Cari informasi

Sebelum memulai perjalanan, cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai destinasi wisata tujuan. Tak hanya mengenai alamat lengkap dan harga tiket, Anda juga bisa mencari tahu tentang penginapan murah, tempat persewaan kendaraan, tempat makan terbaik, serta pusat oleh-oleh terlengkap yang ada. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyiapkan perjalanan wisata dengan baik.

Sudah siap melakukan perjalanan wisata pertama Anda, B’timers? Jangan lupa selalu siapkan peralatan P3K di tas Anda, ya. (dfr)

Share This Article