Kuala Kapuas Surga Tersembunyi Kalimantan Tengah | Breaktime
Kuala Kapuas Surga Tersembunyi Kalimantan Tengah
30.07.2016

Mendengar kata Kapuas sangat identik dengan nama sebuah sungai yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat. Tetapi, tahukah B’timers, Kapuas bukan hanya sebuah sungai melainkan juga nama sebuah kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah. Ibukota kabupaten Kapuas adalah Kuala Kapuas.

Kuala Kapuas berada di antara Palangkaraya dan Banjarmasin. Kuala Kapuas termasuk salah satu daerah di Kalimantan yang menyimpan pesona alam yang begitu indah, kuliner khas yang menggoda, dan akses jalan yang mudah. Berikut tips untuk B’timers berwisata ke Kuala Kapuas.

Transportasi

Kuala Kapuas Surga Tersembunyi Kalimantan Tengah | Breaktime
Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya

Untuk Anda yang berasal dari luar pulau Kalimantan, hanya tinggal menggunakan pesawat terbang menuju bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Setelah itu, B’timers bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan untuk menuju Kuala Kapuas.

Jarak dari Palangkaraya menuju Kuala Kapuas membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Biaya sewa mobil sekitar Rp 350.000,00 untuk akomodasi 7 orang. Jika menggunakan bus hanya membayar sebesar Rp 20.000,00. Setelah itu bus akan berhenti di terminal dan Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan becak atau ojek.

Kuliner

Kuala Kapuas memiliki makanan khas yang hampir sama dengan daerah-daerah lain di Kalimantan. Namun ada sebuah restoran yang bernama Rumah Makan Ombilin yang bisa Anda kunjungi, terletak di Jl. Ahmad Yani No. 36, Kuala Kapuas.

Destinasi wisata

Kuala Kapuas Surga Tersembunyi Kalimantan Tengah | Breaktime
Kuala Kapuas

Salah satu yang menjadi daya tarik Kuala Kapuas adalah tempat wisatanya.  Anda akan menemukan objek wisata terkenal yaitu, Pulau Telo, sebuah desa nelayan yang menyenangkan. Ada juga Gohong Rawai yang terkenal cantik dan memiliki jeram yang menantang. Tambang emas yang terdapat di Kabupaten Rungan juga sangat menarik dikunjungi. Pertambangan emas di sana menjadi mata pencaharian utama masyarakatnya.

Keren sekali Kuala Kapuas ya, B’timers! Tertarik, kan untuk berlibur ke sana? Yuk, ajak teman atau keluarga! (vpd)

Share This Article