Ketahui Serba-serbi Kesehatan Saat Bepergian! | Breaktime
Ketahui Serba-serbi Kesehatan Saat Bepergian, ya!
24.05.2016

Jika Anda pergi liburan, entah itu berjalan-jalan di kota tua, bersepeda di pantai menunggu sunset atau melakukan perjalanan sehari, perlengkapan P3K harus tetap dibawa, B’timers. Karena berdasarkan survei terbaru, sebanyak 80 persen dari kita ternyata tidak siap untuk menghadapi kondisi medis yang datang tiba-tiba. Yuk, ketahui serba-serbi kesehatan saat bepergian berikut ini, yuk, B’timers!

Perjalanan ekspedisi

Jika Anda suka perjalanan ekspedisi ke Hutan Amazon atau Pegunungan Himalaya, setidaknya kunjungi dokter sebulan sebelum keberangkatan. Lakukan konsultasi yang mencakup pengendalian resiko, waktu yang tepat untuk Anda, jenis akomodasi, musim dan gaya liburan Anda.

Ketahui Serba-serbi Kesehatan Saat Bepergian! | Breaktime
Temui dokter sebelum Anda bepergian

Suka jajanan street food

Untuk menghindari keluhan perut bagi Anda yang suka wisata kuliner, Anda disarankan untuk sering-sering mencuci tangan. Atau setidaknya membawa cairan pembersih tangan. Antibiotik dari dokter keluarga bisa membantu meringankan gejala diare, lho, B’timers.

Bebas malaria

Serangan nyamuk adalah hal yang peling mengerikan saat kita melakukan perjalanan wisata. Terlebih apabila Anda berkunjung ke wilayah tropis. Gunakan krim anti nyamuk, pakai kelambu saat tidur. Minta dokter perjalanan mengidentifikasi obat yang paling efektif untuk memerangi serangan nyamuk.

Gatal karena gigitan serangga

Gigitan serangga bisa menjadi gatal yang mengganggu. Perhatikan gejala yang Anda alami saat mendapat gigitan, B’timers. Misalnya flu, demam, sakit kepala atau kelelahan. Segera laporkan jika demikian, karena kemungkinan itu bisa menjadi sangat mematikan, lho!

Ketahui Serba-serbi Kesehatan Saat Bepergian! | Breaktime
Anak sangat rentan terhadap gigitan serangga

Mengatasi mabuk

Bagaimana caranya mengatasi mabuk, jauhi alkohol dan makanan pedas dan berlemak selama dan sebelum perjalanan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari bau yang kuat yang memicu rasa mual. Duduk di bangku yang bersebelahan dengan jendela juga dapat mengatasi mabuk perjalanan, kok.

Takut ketinggian

Anda ambil cuti dari kerja untuk hiking bersama teman-teman. Tampak menyenangkan, tapi bagaimana jika Anda merupakan orang yang punya penyakit takut akan ketinggian? Hindari alkohol, jaga tubuh tetap terhidrasi dan konsumsi makanan diet tinggi karbohidrat.

Dengan mengetahui berbagai serbi kesehatan selama bepergian, kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan liburan, bukan, B’timers? (NO)

Share This Article