Kagumi Karya Besar Alam di Kawah Putih Ciwidey | Breaktime
Kagumi Karya Besar Alam di Kawah Putih Ciwidey
01.01.2017

B’Timers, sebagai makhluk satu-satunya yang dikaruniai oleh akal sehat oleh Sang Pencipta manusia dapat menjadi sombong dan merasa bahwa ia adalah makhluk tertinggi. Akan tetapi, Anda tentu menyadari bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari manusia, yaitu alam. Bayangkan ketika alam marah, sudah pasti tidak ada satupun manusia yang dapat bertahan hidup. Akan tetapi di balik kemarahannya, alam pun merupakan salah satu seniman yang paling berbakat. Salah satu bukti seni yang dihasilkan oleh alam adalah Kawah Putih Ciwidey yang terletak di kota Bandung.

Obyek wisata alam ini terletak di Jl. Babakan Jampang, Ciwidey dan berada tepat di puncak Gunung Patuha. Kawah Putih adalah sebuah danau yang mengisi kawah Gunung Patuha. Kawah yang lebar tersebut secara tidak sengaja terbentuk sebagai dampak dari letusan dahsyat Gunung Patuha di abad ke-10 lampau. Hal yang membuat danau di kawah ini terlihat menarik adalah karena warna air danau yang berwarna putih kehijau-hijauan dan uniknya, warna air tersebut akan berubah-ubah sebagai respons atas keadaan lingkungan di sekitarnya, seperti tinggi-rendahnya suhu, faktor cuaca, serta tinggi rendahnya kadar belerang yang terkandung di dalamnya.

Kagumi Karya Besar Alam di Kawah Putih Ciwidey | Breaktime
Tempat ini sangat sesuai untuk berfoto ria!

Danau Kawah Putih pada zaman dahulu ternyata dikenal sebagai lokasi yang angker, lho! Pasalnya, beberapa saat setelah danau tersebut terbentuk, burung-burung yang melintas di atas danau tersebut akan terjatuh dan mati. Hal tersebut membuat para warga berspekulasi bahwa gunung Patuha dijaga oleh makhluk halus. Walaupun kepercayaan tersebut pada akhirnya ditepis oleh seorang ahli botani  berkewarganegaraan Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang menemukan keberadaan danau putih yang memukau namun memiliki bau belerang dan sulfur yang sangat menyengat. Bau sulfur tersebut lah yang disinyalir sebagai penyebab dari kematian burung-burung tersebut.

Untuk memasuki kawasan Kawah Putih Ciwidey ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,- saja. Dan jangan lupa untuk membawa masker untuk melindungi sistem pernapasan Anda, ya! Karena apabila Anda terlalu banyak menghirup zat sulfur maka dapat menimbulkan masalah pada pernapasan Anda. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE