Jogja Punya Cave Tubing Kalisuci Yang Langka Di Dunia!
Jogja Punya Cave Tubing Kalisuci Yang Langka Di Dunia!
07.01.2017

Sudah pernah mendengar wisata cave tubing Kalisuci di Yogyakarta? Jika belum, Anda tak boleh ketinggalan B’timers. Karena ketahuilah bahwa hanya ada 3 negara yang memiliki wisata jenis ini, yaitu Indonesia, Mexico, dan Selandia Baru.

Kalisuci sendiri merupakan nama aliran sungai yang mengalir dari Gunungkidul. Apa yang menarik di sana? Yup, Anda bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan dengan aliran sungai yang terlihat berkelok-kelok dari ketinggian tebing.

Air sungai yang biru kehijauan kontras dengan warna tanah yang coklat, tebing karst, dan daun-daunan. Keren banget, deh B’timers. Saat Anda pergi ke sana, Anda merasa seperti tidak berada di Indonesia.

Anda bisa melakukan arung jeram sesuai dengan paket yang telah disediakan. Anda juga bisa berfoto-foto di spot yang keren untuk koleksi Instagram. Anda juga bisa menikmati keindahan harmoni alam yang jarang didapatkan di Indonesia.

Nikmati keindahan wisata yang hanya ada 3 di dunia. (Photo by Google)
Nikmati keindahan wisata yang hanya ada 3 di dunia. (Photo by Google)

Nah, selama melakukan arung jeram, Anda akan memasuki gua Kalisuci dan gua Gelatik. Di sana Anda akan kehilangan kehangatan sinar matahari. Suasana gelap dan dingin akan Anda rasakan. Batu-batu stalaktit terlihat di atas gua meneteskan air. Anda juga akan menemui beberapa kelelawar. Seru, deh pokoknya!

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Jika musim hujan, tempat wisata ini sering tutup, karena arus air meningkat dan berbahaya. Biaya tiket paket wisata sebesar Rp 70 ribu untuk minimal 5 orang. That’s cheap enough!

Tak terlalu sulit untuk menuju cave tubing ini. letaknya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Anda akan menempuh waktu 1,5 – 2 jam perjalanan.

Cantiknya cave tubing Kalisuci. (Photo by superadventure.co.id)
Cantiknya cave tubing Kalisuci. (Photo by superadventure.co.id)

Jika dari arah Jogja, Anda bisa menuju Piyungan dan lanjut kea rah Patuk. Selanjutnya, Anda langsung menuju Sambipitu sampai di Hutan Rest Area Bunder. Tak jauh dari situ Anda akan menemui Lanud TNI AU Gading, lurus saja menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari.

Saat sampai di perempatan timur jembatan Jirak, ambil kanan menuju pasar dan terminal Semanu. Ketika menemui pertigaan lapangan Tri Wana Sakti, ambil kanan dan Anda akan memasuki pintu gerbang wisata Kalisuci.

Jika Anda naik bus, Anda bisa pergi ke terminal Giwangan menuju simpang lima Wonosari dan melanjutkan perjalanan ke kecamatan Semanu dengan menggunakan angkutan umum. Mudah, kan? Anda bisa berpetualang seru, nih di Jogja! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide