Jelajahi Bengkulu dengan Sejuta Pesona | Breaktime
Jelajahi Bengkulu dengan Sejuta Pesona
25.08.2016

Jika kita bicara soal Indonesia, pasti tidak akan ada habisnya. Setuju, kan B’timers? Satu lagi provinsi yang terletak di barat daya pulau Sumatera yang ternyata menyimpan sejuta keunikan, mulai dari destinasi wisata, kuliner, dan budaya. Provinsi Bengkulu yang juga beribukota Bengkulu ini tidak hanya terkenal dengan Bunga Rafflesia. Anda penasaran apa saja yang menjadi Kota Bengkulu sangat menarik untuk dikunjungi? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Destinasi Wisata

Jelajahi Bengkulu dengan Sejuta Pesona | Breaktime
Wisata Sungai Air Berau

Bengkulu memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Ada wisata alam, wisata budaya, atau wisata sejarah. Wisata alam yang menarik banyak wisatawan antara lain Pantai Pasir Panjang, Pantai Tapak Paderi, Danau Dendam Tak Sudah, dan Sungai Air Berau. Sedangkan untuk wisata sejarah dan budaya terdapat antara lain Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Museum Negeri Bengkulu.

Kuliner Khas

Jelajahi Bengkulu dengan Sejuta Pesona | Breaktime
Pendap, makanan khas Bengkulu

Wisata kuliner menjadi hal wajib untuk Anda yang sedang bepergian ke suatu tempat. Makanan khas setiap kota memang sangat menarik wisatawan untuk mencobanya. Bengkulu pun juga memilki makanan khas yang harus Anda icip, antara lain Pendap, Gulai Kemba’ang, Tempoyak, Kue Tat, dan Bagar Hiu.

Adat

Salah satu adat yang menjadi khas masyarakat melayu di Bengkulu adalah upacara pernikahan yang unik dan memiliki tahap yang panjang dan dibagi menjadi tiga. Tahap upacara pernikahan masyarakat melayu di Bengkulu adalah sebagai berikut.

Upacara sebelum pernikahan : peminangan, mengantar uang, dan duduk bertunangan.

Upacara pelaksanaan pernikahan : berasan, mengangkat bimbang, memecah nasi, bimbang gedang, malam inai curi, acara bercampur, acara pengantin mandi, mandi randai, acara belarak serunai, dan menjalang.

Upacara sesudah pernikahan : setelah semua tahap selesai, barang-barang yang digunakan dibersihkan dan dikembalikan pada pemiliknya.

Transportasi

Untuk menuju Bengkulu bisa melalui berbagai akses. Melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Fatmawati-Soekarno. Bisa juga menggunakan jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus. Untuk Anda dari luar pulau juga bisa menggunakan jalur laut melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada, namun harus melanjutkan perjalanan dengan jalur darat. Untuk tarif transportasi relatif dan sesuai dengan asal kota masing-masing.

Jadi, tunggu apalagi B’timers? Yuk, liburan dengan teman-teman atau keluarga ke Bengkulu! (vpd)

Share This Article