Ini Caranya Agar Tidak Tersesat Ke Candi Cetho! | Breaktime
Ini Caranya Agar Tidak Tersesat Ke Candi Cetho!
04.02.2017

Candi Cetho adalah salah satu tempat wisata yang menarik banget untuk di kunjungi. Bagaimana tidak, Candi Cetho yang terletak di lereng Gunung Lawu punya pemandangan yang menakjubkan. Situs candi Hindu yang berdiri kokoh di dataran tinggi dan diselimuti oleh kabut. Di sekeliling candi ini B’timers bisa lihat pemandangan hamparan kebun teh yang hijau bak permadani. Anda juga bisa melihat Gunung Lawu dari dekat.

Selain merupakan situs sejarah, candi ini juga merupakan salah satu jalur alternatif pendakian Gunung Lawu. Jadi tidak heran jika Anda akan melihat banyak pendaki dengan carrier-nya. Candi ini juga merupakan candi suci, karena masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu dan orang-orang kejawen. Sungguh perpaduan nuansa mistis dan keindahan yang tak ada tandingannya.

Selain keindahan dan fungsinya yang unik, Candi Cetho punya sejarah panjang yang misterius. Candi ini ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda yang bernama Van de Vlies. Dia menemukan Candi Cetho pada tahun 1842 dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Saat itu, kondisi candi ini hanya memiliki 14 teras dengan bebatuan yang diselimuti dengan lumut.

Ini Caranya Agar Tidak Tersesat Ke Candi Cetho! | Breaktime
Tempat sembahyang umat Hindu di Candi Cetho. (Photo by Google)

Pada akhirnya, melihat kondisi candi yang mengenaskan dan sangat berpotensi sebagai wisata, pada masa pemerintahan Soeharto, tepatnya pada tahun 1970, candi ini mengalami pemugaran. Segala kegiatan pemugaran ini diatur oleh asisten pribadi Soeharto yang bernama Humardani.

Tak hanya menarik sang presiden kala itu, candi ini juga menarik beberapa ilmuwan dan arkeolog lainnya untuk mencari tahu segala sesuatu di balik candi ini. Para ilmuwan dan arkeolog akhirnya menemukan jawaban bahwa ternyata Candi Cetho dibangun pada 1451 – 1470. Tahun ini adalah tahun dimana Kerajaan Majapahit sedang berada di ujung keruntuhan. Banyak terjadi masalah, yang membuat Prabu Brawijaya V bertapa dan melarikan diri ke Gunung Lawu. Sampai akhirnya sang Prabu membangun sebuah canggih untuk tempat tinggalnya.

Wah, ternyata Candi Cetho sudah mengalami pemugaran dan ternyata candi yang saat ini tidak sepenuhnya merupakan bangunan asli. Sayang sekali, ya!

Ini Caranya Agar Tidak Tersesat Ke Candi Cetho! | Breaktime
Pemandangan hamparan Kebun Teh Kemuning. (Photo by Google)

Tetapi tetap tidak bisa mengalahkan keindahannya. Candi Cetho ini terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Candi Cetho berada di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Candi ini berada di titik koordinat GPS: 7° 35’ 30.22” S, +111° 9’ 19.87” E.

Tidak sulit untuk sampai di candi ini, kok B’timers. Kalau Anda mulai dari pusat kota Solo, Anda tinggal menuju ke arah Kabupaten Karanganyar. Nah, setelah itu Anda ikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Grojogan Sewu. Tepat sebelumnya, Anda akan menemukan papan jalan menuju ke arah candi. Ikuti saja jalan tersebut, Anda juga akan sampai di Candi Cetho.

Menariknya, selama perjalanan menuju Candi Cetho, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan. Pemandangan hamparan kebun teh berkabut yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Nggak rugi deh B’timers untuk mengunjungi Candi Cetho ini. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dan rasakan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE