Ingin Traveling Hemat ke Labuan Bajo? Begini Caranya! | Breaktime
Ingin Traveling Hemat ke Labuan Bajo? Begini Caranya!
23.05.2015

B'timers yang gemar melakukan perjalanan ke Indonesia bagian timur tentu sudah tak asing dengan kata Labuan Bajo. Ya, kota pelabuhan di ujung barat Pulau Flores ini merupakan salah satu pelabuhan eksotik di kawasan Nusa Tenggara.

Labuan Bajo adalah pintu masuk dari Indonesia bagian barat menuju kawasan Flores, yang terkenal dengan banyak destinasi wisata mulai dari Kepulauan Komodo, desa adat Bajawa dan Waerebo, hingga danau Kelimutu di Ende.

Bandara Komodo di Labuan Bajo sudah menyediakan penerbangan tiap hari dari Denpasar dan kota-kota lain di Nusa Tenggara Timur, seperti Ende dan Kupang. Namun biaya yang cukup tinggi menjadi kendala di kalangan budget traveler.

Ingin Traveling Hemat ke Labuan Bajo? Begini Caranya!

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memotong biaya perjalanan menuju Labuan Bajo, salah satunya dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut, berikut beberapa tipsnya.

Dari Jakarta atau Surabaya ke Denpasar atau Mataram

Perjalanan overland dari Jakarta atau Surabaya menuju Denpasar atau Mataram bisa ditempuh dengan bus malam yang nyaman dan aman. Namun bila ingin menghemat waktu, kita bisa naik pesawat dengan memilih tiket promo yang disediakan maskapai. Pada periode tertentu, harga tiket rute ini bisa cukup rendah hingga di kisaran Rp 300 ribuan.

Dari Mataram ke Sumbawa

Tersedia bus malam antar pulau di Terminal Mandalika Mataram yang akan membawa kita ke Pelabuhan Sape di Sumbawa Timur. Perjalanan Mataram - Sape ditempuh selama kurang lebih 12 jam, melewati penyeberangan Kayangan - Pototano. Bus eksekutif, AC, dilengkapi toilet dan layanan makan malam di Sumbawa Besar. Setelah tiba di Bima, kita akan berganti kendaraan dengan bus kecil menuju Sape dengan waktu tempuh dua jam. Harga tiket bus malam ini di kisaran Rp 200 ribu.

Ingin Traveling Hemat ke Labuan Bajo? Begini Caranya!

Dari Sape ke Labuan Bajo

Dari Pelabuhan Sape kita harus menyeberang dengan ferry menuju Labuan Bajo selama 6-7 jam dengan tarif Rp 60 ribu. Jadwal keberangkatan ferry adalah jam 08.00 WITA dengan jadwal pelayaran setiap hari, namun tergantung kondisi ombak di Laut Flores. Tiba di Labuan Bajo, kita bisa langsung mencari penginapan untuk beristirahat, menikmati kuliner seafood di TPI Labuan Bajo, sebelum esok hari bersiap melanjutkan perjalanan atau menuju Kepulauan Komodo.

Rute melalui jalur darat dan laut dari Denpasar, Mataram, menuju Labuan Bajo di atas juga berlaku untuk perjalanan pulang, dengan harga tiket yang sama. Meskipun waktu tempuhnya cukup lama, namun kita bisa menghemat hingga 70% dari biaya yang kita keluarkan bila pulang-pergi ke Labuan Bajo menggunakan pesawat terbang.

Share This Article