Hidden Paradise Tempat Wisata Air Terjun di Bali | Breaktime
Hidden Paradise Tempat Wisata Air Terjun di Bali
27.08.2017

Selain wisata budaya dan ritual keagamaan, pantai merupakan destinasi wajib saat berlibur ke Pulau Dewata. Tapi tahukah Anda bahwa Bali menyimpan sejuta pesona alam selain debur ombak dan birunya laut? B’timers mungkin tak terbayang bahwa terdapat banyak keelokan tersembunyi berupa tempat wisata air terjun di Bali yang jauh dari keramaian dan belum terjamah wisatawan?

Tak hanya memanjakan mata dengan rimbunan pohon dan gemericik air, Anda juga bisa mengasah jiwa petualangan Anda dengan menjelajahi jalur trekking menuju lokasi air terjun. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat berlibur ke wisata air terjun tersembunyi di Pulau Dewata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Tempat Menikmati Pesta Kembang Api Singapura

Biasanya, air terjun berlokasi di dataran tinggi sehingga suhu udara di kawasan tersebut cenderung dingin. Persiapkan baju ganti yang agak tebal agar Anda tak kedinginan setelah puas bermain air. Segeralah berhenti bermain di kawasan air terjun apabila hujan turun. Jangan lupa mengenakan pakaian yang nyaman digunakan untuk menjelajah hutan. Bawalah minyak anti gigitan serangga untuk dioleskan di kulit. Kenakan sandal gunung yang aman dan anti selip untuk digunakan berjalan di lereng curam atau bebatuan licin. Agar tak tersesat, B’timers sebaiknya membawa peta atau mengaktifkan GPS.  Sebelum berangkat, jangan lupa membawa kamera yang sudah diisi penuh. Selain kamera ponsel, Anda juga bisa membawa kamera SLR beserta tripod untuk kesempurnaan mengambil gambar.

Tempat wisata air terjun di Bali yang pertama ialah Air Terjun Nungnung yang terletak 900 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Pelaga, Petang, Kabupaten Badung, yakni melewati rute ke Sangeh atau Hutan Kera. Untuk menuju lokasi, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 50 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Denpasar atau Kuta. Sesampainya di lokasi, Anda harus menuruni sekitar 500 anak tangga untuk mencapai air terjun. Selain terpencil, Anda juga harus menyiapkan mental dan kondisi fisik ekstra untuk menuju lokasi air terjun yang satu ini. Tapi jangan khawatir, B’timers! Perjalanan jauh Anda tak akan sia-sia begitu menyaksikan ribuan liter air jatuh dari ketinggian 50 meter dan mengguyur kolam.

Hidden Paradise Tempat Wisata Air Terjun di Bali | Breaktime
Spa alami di Air Terjun Peguyangan (tripnusapenida.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Liburan ke Legoland Malaysia dari Singapura

Selanjutnya, terdapat keunikan alam berupa Air Terjun Peguyangan. Terletak di Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, air terjun yang satu ini tak seperti air terjun pada umumnya yang berupa air yang mengalir deras secara vertikal. Ialah mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat hingga bermuara ke laut, lokasi air terjun ini cukup tersembunyi bahkan tak banyak diketahui warga sekitar. B’timers sebaiknya menyewa tur atau pemandu wisata berpengalaman agar dapat menemukan lokasi eksotis ini. Untuk menuju lokasi mata air, Anda harus terlebih dahulu menuruni tangga yang cukup curam sebanyak 460-an anak tangga di dinding tebing. Perjuangan Anda tentunya akan terbayar lunas karena di lereng bertingkat yang tak terlalu tinggi itulah Anda bisa berendam sambil menikmati sensasi dipijat air di spa alami sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pesona alam lainnya ialah Air Terjun Pantai Melasti di sepanjang Jalan Padma, yang terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. B’timers tentu tak terbayang, kok bisa ya air terjun ada di pantai? Hampir mirip dengan Air Terjun Peguyangan, hanya saja Air Terjun di Pantai Melasti ini tak terhalang lereng batuan dan langsung mengalir deras menuju pasir pantai. Selain pesona alam khas pantai berupa pasir lembut dan batu karang, Anda juga akan disuguhkan dengan air terjun yang mengalir cantik. Sayangnya, fenomena air terjun ini akan sulit Anda temukan saat musim kemarau karena kurangnya debit air. Pantai Melasti beserta air terjunnya dapat Anda tempuh selama 15 menit berjalan kaki dari Pantai Lot. 

Hidden Paradise Tempat Wisata Air Terjun di Bali | Breaktime
Pesona tersembunyi Air Terjun Jembong (katalogwisata.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Anak di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Terakhir, terdapat harta karun Air Terjun Jembong yang tersembunyi di antara perkebunan cokelat di Desa Ambengan, Sukasada, Kabupaten Buleleng atau sekitar 65 km dari Buleleng. Tempat wisata air terjun di Bali yang satu ini masih lumayan sepi pengunjung karena kalah pamor dengan Air Terjun Git Git yang berdekatan. Air terjun yang masih terjaga keasriannya ini tak terlalu tinggi dan memiliki debit air yang cukup stabil sehingga aman untuk digunakan berendam sepuasnya.

Itu tadi beberapa tempat wisata air terjun di Bali yang tak kalah memesona dari wisata pantainya. Sudahkah B’timers siap menjelajahi pesona hidden paradise ala wisata air terjun Bali? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE