Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi Umroh | Breaktime
Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi Umroh
25.06.2016

Bagi umat muslim, pergi umroh merupakan salah satu ibadah yang penting dilakukan jika memang mampu. Ibadah umroh sekaligus menjadi sebuah perjalanan panjang ke Mekah dan Madinah, memerlukan persiapan yang baik untuk ke sana. Selain kondisi fisik dan keuangan, ada beberapa hal yang harus dicermati sebelum berangkat umroh, seperti berikut ini.

Rencanakan perjalanan dan liburan ke sana

Idealnya, rencana perjalanan harus dipersiapkan dalam 3-4 minggu menjelang keberangkatan. Bicarakan dengan bos dan sesuaikan dengan pekerjaan Anda, periksa kesehatan ke dokter untuk memastikan kondisi fisik, cari informasi dan berkonsultasilah dengan orang-orang yang sudah pernah pergi ke sana.

Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan

Setelah rencana perjalanan selesai, Anda harus mengurus visa untuk pergi ke Arab Saudi. Cari tahu berapa lama waktu untuk pengajuannya, dokumen apa yang dibutuhkan. Pastikan juga paspor Anda punya validitas setidaknya 6 bulan. Lengkapi semua dokumen sebelum Anda pergi.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi Umroh | Breaktime
Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pergi umroh

Mulai menabung dan membeli keperluan

Mempersiapkan uang memang sangat penting apalagi jika Anda bepergian ke luar negeri. Sembari membeli keperluan, sisihkan dan simpan uang Anda agar nanti Anda juga bisa membawa uang cash saat pergi umroh dan tak mengalami kendala finansial yang menyulitkan.

Cari agen travel yang terpercaya

Untuk beribadah umroh, pastikan Anda memakai jasa agen travel yang terpercaya, aman dan nyaman. Ini agar semua kebutuhan Anda terjamin, mulai dari alat transportasi, perjalanan hingga tempat menginap di sana. Manfaatkan juga jika ada promo agar Anda bisa lebih hemat.

Cek kembali akomodasinya sebelum dipakai

Terakhir, setelah semua persiapan selesai, pastikan dulu akomodasi apa saja yang akan Anda pakai saat umroh nanti. Terutama untuk kamar hotel tempat Anda menginap. Semuanya juga akan lebih baik jika disesuaikan dengan budget atau anggaran Anda.

Nah, jika sudah selesai mempersiapkan satu per satu untuk keberangkatan umroh Anda, pastikan mental Anda juga siap karena yang akan ditempuh adalah perjalanan yang jauh. Selamat mempersiapkan ibadah umroh ya, B’timers. (md)

Share This Article