Gereja Bleduk Gereja Berkubah Unik Asal Semarang | Breaktime
Gereja Bleduk, Gereja Berkubah Unik Asal Semarang
03.12.2016

Apakah B’Timers pernah mengamati gereja-gereja yang ada di kota Anda? Jika Anda peminat fotografi atau arsitektur bangunan, Anda akan menyadari bahwa kebanyakan gereja dibangun dengan atap yang runcing dengan gaya arsitektur gereja katedral khas dataran Eropa. Tidak mengherankan memang, mengingat agama Kristen disebarkan oleh pedagang-pedagang Eropa, lebih tepatnya dari negara Portugis.

Sedangkan di kota Semarang, terdapat sebuah gereja yang memiliki atap berbentuk kubah yang unik dan cukup membedakannya dari gereja-gereja pada umumnya. Gereja GPIB Imanuel atau yang lebih akrab disebut dengan Gereja Blenduk adalah sebuah tempat peribadatan umat Kristen Protestan yang terletak di Jl. Letjend Suprapto No. 32 kota Semarang. Kata “blenduk” sendiri diberikan oleh masyarakat setempat yang memiliki arti “kubah” merujuk pada bentuk atap dari gereja tersebut. Gereja dengan gaya Neo-Klasik khas Eropa ini memang terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan bangunan-bangunan lain yang ada di kompleks Kota Lama. 

Gereja Bleduk Gereja Berkubah Unik Asal Semarang | Breaktime
Pemandangan indah dari gereja berlatarkan langit Semarang

Hal yang menarik dari gereja ini adalah, ia memiliki desain bangunan yang berulang kali dirombak dari masa ke masa. Pada awalnya di tahun 1753, gereja ini memiliki bentuk seperti rumah panggung jawa lengkap dengan desain atap yang kental dengan kebudayaan Jawa. Bangunan tersebut kemudian dirombak total pada tahun 1787 dan kembali mengalami perombakan tujuh tahun berikutnya, lebih tepatnya pada tahun 1894 oleh H.P.A de Wilde dan W. Westmas. Dan sejak saat itu, gereja tersebut tidak lagi mengalami perombakan desain.

Gedung ini dikenal dengan gaya arsitekturnya yang sangat indah dengan atap kubah yang sangat tinggi sehingga banyak pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan mengadakan pemotretan pre-wedding di gereja ini. Dan hingga saat ini, gedung peribadatan ini kerap dikunjungi oleh penganut agama Kristen Protestan untuk melakukan ibadah tiap hari Minggu.  (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE