Explore Tegal dengan Planning Matang Berikut Ini | Breaktime
Explore Tegal dengan Planning Matang Berikut Ini!
22.07.2016

Apa tujuan utama Anda saat mengunjungi luar kota untuk liburan? Tentu saja destinasi wisata, kuliner dan oleh-olehnyanya. Meski tak begitu populer di kalangan traveler Indonesia, namun mengunjungi Kota Tegal adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengisi liburan. Seru deh, pokoknya!

Destinasi wisata

Tegal memiliki beberapa daftar wisata yang menakjubkan dan tak kalah dengan destinasi wisata lain yang pernah Anda kunjungi. Di antaranya adalah Telaga Kaliwangun, Hutan Mangrove Kota Tegal, Pool Terrace Samudera, Curug (air terjun) Sentul Cawitali, Wana Wisata Guci, dan banyak destinasi wisata keren yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Tegal.

Explore Tegal dengan Planning Matang Berikut Ini | Breaktime
Ada Bukit Bintang Guci juga yang patut didatangi

Transportasi

Seperti kebanyakan kota di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapai destinasi-destinasi wisata yang disebutkan di atas. Namun, jika Anda tidak nyaman dengan tarnsportasi umum, Anda bisa menyewa motor atau mobil untuk bisa menjelajah Kota Tegal dengan lebih leluasa.

Explore Tegal dengan Planning Matang Berikut Ini | Breaktime
Sempatkan berwisata budaya dan saksikan Tari Kuntul Tegalan

Penginapan di Tegal

Tegal memiliki segudang hotel maupun penginapan mewah di beberbagai wilayah, terutama yang dekat dengan tempat wisata. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung fasilitas apa yang Anda inginkan dari tempat penginapan. Namun untuk liburan hemat, Anda cukup mengeluarkan maksimal Rp 300 ribu/malam. Jika Anda beruntung, Anda mungkin juga akan menemukan penginapan yang bergarag Rp 50 ribu saja/malam.

Kuliner dan souvenir

Ada jajanan kuliner khas Tegal yaitu Tahu Randualas. Tahu randualas didirikan sejak th 1956 oleh Liem Tek Lioe atau Wono Purwoto yang juga pencipta tahu pletok. Tahu pletok awalnya dibuat dari tahu sisa yang diiris melebar kemudian diberi aci/kanji cair. Namun sekarang tahu pletok dibuat dari tahu baru seiring dengan banyaknya permintaan.

Explore Tegal dengan Planning Matang Berikut Ini | Breaktime
Contoh tulisan di kaos Galgil

Tahu yang dijual ada dua macam yaitu tahu glondong/aci/pelet dan tahu pletok. Selain menjual tahu aci dan tahu pletok, tahu randualas juga menjual berbagai oleh-oleh khas Slawi seperti: pilus, kacang bogares, peyek kacang, kerupuk tahu, keripik tahu, cihu (aci tahu kering), dan lain-lain.

Untuk souvenir, Tegal sangat terkenal dengan kaos Galgilnya. Kaos Galgil adalah kaos dengan banyak tulisan berisikan joke atau guyonan khas Tegal. Tentu saja, joke tersebut tertulis dalam bahasa tegal yang unik dan menarik.

Well, wilayah Tegal sendiri berupa dataran rendah dan dataran tinggi dengan pemandangan menarik yang akan membuat liburan Anda jadi tak terlupakan. Jadi, yuk datang ke Tegal! (nap)

Share This Article