El Nido Jadi Saingan Raja Ampat, Kok Bisa? | Breaktime
El Nido Jadi Saingan Raja Ampat, Kok Bisa?
26.01.2017

Nyatanya, Raja Ampat punya saingan yang cukup berat. Yup, Filipina jadi satu-satunya negara yang bisa mengimbangi kecantikan alam kepulauan di Papua tersebut. Sebenarnya tidak bisa dibandingkan sih, B’timers, karena masing-masing memiliki keindahan dan keunikan alamnya sendiri. Namanya El Nido. Tempat wisata inilah yang menjadi inspirasi dalam novel The Beach yang kemudian difilmkan. Sudah pernah menonton atau belum?

Kali ini Breaktime tidak akan membahas film The Beach, tetapi akan mengupas segala hal yang ada di El Nido. Kepulauan ini terletak di Provinsi Palawan, Filipina. Memang belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Itulah yang menjadi keistimewaan tersendiri, karena kepulauan ini masih sangat terjaga.

Turis yang sudah mengunjungi tempat ini menyebutnya sebagai tempat yang magis dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan dasar laut yang berwarna biru jernih. Saat mengunjungi El Nido, B’timers akan merasakan bahwa ‘dunia ini milikku’. Ini karena Anda hanya akan menemui beberapa kelompok kecil wisatawan yang tersebar di lautan lepas.

El Nido Jadi Saingan Raja Ampat, Kok Bisa? | Breaktime
Tour ke laguna, gua, dan pantai tersembunyi. (Photo by blog.tokopedia.com)

Untuk masyarakatnya sendiri, penghasilan utama mereka dulu adalah nelayan atau mengumpulkan sarang burung. Tetapi sekarang, potensi wisata El Nido semakin meningkat, jadilah bidang pariwisata sebagai penghasilan utama.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh wisatawan saat berada di El Nido? Banyak sekali B’timers. Pertama, Anda bisa melakukan island hopping tours. Bisa dibilang ini kegiatan wajib di sana. Anda akan dibawa ke perairan Bacuit yang mencengangkan. Kalau yang ini Anda harus pakai tour guide dan mereka akan membawa Anda ke laguna-laguna, gua, dan pantai tersembunyi yang benar-benar masih sangat alami. Keren banget, deh!

Anda bisa snorkeling dengan keindahan alam bawah laut yang tak ada tandingannya. Tenang saja, semua perlengkapan seperti alat snorkeling sudah disiapkan oleh sang pemandu. 

El Nido Jadi Saingan Raja Ampat, Kok Bisa? | Breaktime
Nikmati kayaking di El Nido. (Photo by originaldiving.com)

Eits, tak hanya itu. Ada lagi yang bisa Anda jelajahi di sana. Namanya juga kepulauan, jadi Anda harus mengunjungi pulau-pulau yang paling oke di El Nido. Yang paling terkenal dan akan direkomendasikan oleh tour guide adalah Pulau Matinloc, snake island atau Pulau Vigan, Pulau Cadlao, helicopter island, Pulau Pangalusian, Pulau Lagen, dan Pulau shimizu.

Kalau bosan dengan suasan pantai, Anda bisa melakukan kayaking dan cliff climbing. Ini adalah kegiatan yang cukup menantang, B’timers. Khusunya untuk cliff climbing. Anda bisa merasakan sensadi panjat tebing tanpa menggunakan alat bantu apapun. Sudah merasa seperti warga lokal El Nido yang sedang mencari sarang burung, ya.

Kalau kayaking masih berhubungan dengan air laut, tetapi ini akan jadi tantangan baru. Anda bisa sedikit menikmati sensasi mengayuh dayung ke tengah laut dengan kayak yang sudah disediakan oleh pihak hotel, restoran, atau jasa tour. 

El Nido Jadi Saingan Raja Ampat, Kok Bisa? | Breaktime

Untuk urusan akomodasi Anda tak perlu khawatir karena sudah banyak resort yang dibangung di kepulauan El Nido ini. Sedangkan transportasinya, bisa saja Anda langsung mengikuti penerbangan langsung ke El Nido. Tetapi, Anda harus membayar mahal dan memilih antara jasa charter flight untuk tamu yang menyewa resort mewah atau menghubungi maskapai penerbangan SeAir untuk tahu jadwal seasonal flight.

Tetapi, biasanya para turis lebih memilih untuk penerbangan rutin ke Puerto Princesa. Dari bandaranya bisa dilanjutkan dengan jalur darat menggunakan bus atau van ke El Nido. Tarif per orang dari terminal adalah 600 PHP atau sekitar Rp 165 ribu dan jika dari airport adalah 700 PHP atau sekitar Rp 193 ribu.

Bus juga bisa jadi solusi untuk transportasi yang lebih murah, yaitu sekitar 350 PHP atau sekitar Rp 96 ribu. Nah, perjalanan darat ini akan ditempuh selama 6 – 8 jam.

Tenang saja B’timers, memang perjalanan yang akan Anda tempuh cukup jauh, tetapi percayalah bahwa Anda akan disambut dengan pemandangan terbaik di Filipina. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE