Destinasi Wisata Baru Air Terjun Bidadari Sentul | Breaktime
Destinasi Wisata Baru Air Terjun Bidadari Sentul
24.08.2017

Air terjun bidadari sentul atau yang lebih sering disebut curug bidadari merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Jawa Barat. Namanya yang unik berasal dari legenda Jaka Tarub. B’timers tentu masih ingat kan kisah Jaka Tarub yang mengintip bidadari mandi? Konon, di sinilah para bidadari tersebut turun kahyangan dan mandi di bawah air terjun. Jaka Tarub mengintip mereka mandi dari celah batu besar yang masih ada hingga saat ini.

Salah satu destinasi wisata unggulan di Sentul Paradise Park ini dulunya disebut dengan air terjun Bojong Koneng karena letak administratifnya yang berada di kawasan Desa Bojong Koneng, Sentul, Bogor. Sebelum direnovasi dengan tampilan tempat wisata modern seperti sekarang, belum banyak orang yang mengetahui letak curug ini kecuali warga sekitar. Saat itu, pesona air terjun tersebut tidak bisa puas dinikmati pengunjung secara langsung. Selain karena letaknya yang tersembunyi di balik bukit, pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan air terjun alami ini juga harus berjalan kaki dahulu sejauh 2 kilometer.

Kini B’timers tak perlu bersusah-payah untuk berwisata ke air terjun bidadari sentul karena telah diadakan renovasi beberapa waktu silam. Pihak pengelola tempat wisata ini telah melakukan penggalian untuk mempermudah akses menuju tempat wisata air terjun. Penggalian tersebut juga dilakukan untuk menampung air terjun yang mengalir sehingga lebih bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tak hanya itu, batu besar yang berada tepat di depan air terjun pun dibelah agar nampak lebih mudah dinikmati dan sekaligus sebagai hiasan. Amati dari kejauhan dan Anda akan mendapatkan kesan bahwa batu tersebut seakan terbelah oleh air terjun sebagai jalan bagi aliran air.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih?

Meski tak lagi sepenuhnya alami, B’timers tak perlu khawatir akan kualitas tempat wisata air terjun ini sebagai destinasi liburan keluarga. Air terjun yang masih mengalir alami dari mata air yang berasal dari hutan lindung di kawasan perbukitan sekitarnya akan menambah keaslian pesona alam yang berudara sejuk. Tak hanya kolam raksasa untuk berenang orang dewasa, kawasan wisata air terjun bidadari ini juga menyediakan kolam kecil yang lebih digunakan bagi anak-anak. Air terjun setinggi  Selain kolam renang, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahan permainan lainnya seperti kolam arus, wave pool, lazy pool, hingga perahu khusus yang dapat Anda sewa sekeluarga. Kelebihan lainnya dari wisata air di tempat wisata ini ialah adanya pasir putih cantik yang secara khusus didatangkan pihak pengelola dari Kepulauan Bangka-Belitung yang terkenal khas dengan wisata pantai pasir putihnya. Di samping wisata air, B’timers juga bisa lho menikmati berbagai permainan outbond seperti flying fox.

Destinasi Wisata Baru Air Terjun Bidadari Sentul | Breaktime
Beberapa wahana permainan yang terdapat di Air Terjun Bidadari, Sentul, Bogor

Berbagai fasilitas yang disediakan di sekitar kolam di antaranya ialah penyewaan perahu, pelampung donat, matras, tempat ibadah, tempat makan, aula, hingga saung bambu untuk bersantai. Tempat wisata yang buka setiap hari ini memiliki jam operasional yang berbeda antara weekdays dan weekend. Saat hari kerja, air terjun bidadari buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, sedangkan di akhir pekan buka lebih pagi yakni pukul 7.30 pagi dan tutup lebih malam yakni pukul 6.30 sore.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berburu Air Terjun Bebet Bebasaq Di Lombok Tengah

Tiket masuknya terhitung cukup murah untuk tempat wisata yang populer, yakni 25 ribu Rupiah / orang saat weekdays, 30 ribu Rupiah / orang saat weekend, hingga 40 ribu Rupiah / orang saat libur sekolah dan 50 ribu Rupiah / orang saat liburan long weekend. Cukup murah bukan untuk dapat menikmati air terjun serta panorama ladang dan perbukitan dilatarbelakangi Gunung Salak? Pastikan Anda membayar parkir dan tiket masuk di loket resmi di gerbang tempat wisata air terjun bidadari sentul agar Anda tidak terkena pungutan liar yang masih banyak terdapat di sekitar kawasan ini. Dapatkan karcis parkir kendaraan roda dua sebesar 4 ribu Rupiah dan 10 ribu Rupiah untuk kendaraan roda empat. Biaya lainnya yang sebaiknya Anda siapkan ialah 50 ribu Rupiah untuk menyewa saung selama 2 jam dan 30 ribu Rupiah untuk menyewa tikar sepuasnya. Anda juga bisa membawa bekal makanan sendiri atau menikmati berbagai tempat makan yang telah disediakan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seribu Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

B’timers dapat menjangkau lokasi wisata ini dengan cukup mudah, yakni sekitar 50 menit hingga 1 jam saja dari gerbang tol Sentul City. Datanglah sepagi mungkin, terutama saat musim liburan. Nah, segera siapkan perlengkapan liburan Anda seperti topi, payung, tabir surya, hingga sepatu yang cukup aman untuk dipakai berjalan di tempat licin ya! Selamat berlibur! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE