Catat Ini Sebelum Injakkan Kaki di Pulau Sumba! | Breaktime
Catat Ini Sebelum Injakkan Kaki di Pulau Sumba!
21.07.2016

Jangan jauh-jauh liburan ke luar negeri sebelum menelusuri cantiknya Bumi Pertiwi. Nah, kali ini Breaktime akan mengajak Anda liburan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Provinsi Sumba memiliki keindahan yang tak kalah indah dengan lokasi wisata populer lainnya di Indonesia kok.

Bagaimana menuju ke sumba?

Pulau Sumba dapat dicapai melalui udara dengan mendarat di dua bandaranya yaitu Bandar Udara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur. Penerbangan dilayani setiap hari oleh maskapai Merpati, Batavia dan Transnusa. Jika Anda berangkat dari Jakarta, pesawat akan transit di Denpasar, Bali sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke pulau tempat Gunung Wanggameti berada ini.

Catat Ini Sebelum Injakkan Kaki di Pulau Sumba! | Breaktime
Keindahan yang hanya ada di Pulau Sumba

Penerbangan bertujuan akhir ke Kupang, dengan jalur Denpasar – Tambolaka – Waingapu – Kupang dan sebaliknya. Nantinya, penerbangan dari Tambolaka ke Waingapu memakan waktu kurang dari 10 menit. Tak hanya dengan jalur udara, pulau ini juga bisa dicapai melalui laut dari pelabuhan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Transportasi

Transportasi umum tersedia pada jalur-jalur utama. Angkutan antar kota menggunakan mobil elf, biasanya sangat penuh sampai penumpang bergelantungan di pintu dan atap mobil. Jalur menuju daerah yang lebih terpencil dilayani oleh beberapa truk dengan jadwal tak menentu. Dua kota besarnya, Waingapu dan Waikabubak dapat dicapai dengan travel seharga Rp 50 ribu dengan waktu tempuh 5 jam.

Travel akan menjemput dan mengantar penumpang ke tempat tujuan. Pengelola hotel biasanya bisa membantu mencari motor maupun mobil yang disewakan. Tarif penyewaan motor lengkap dengan pemandu Rp 200 ribu dan uang sewa mobil mulai Rp 400 ribu per harinya.

Catat Ini Sebelum Injakkan Kaki di Pulau Sumba! | Breaktime
Menjelang senja di cakrawala Sumba

Penginapan

Ada beberapa pilihan penginapan murah seharga Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu, terutama di ibukota kabupaten. Biasanya hotel juga menyediakan transportasi dari dan menuju bandara. Ada pula pilihan untuk menginap di resort berbintang seperti Nihiwatu di Sumba Barat.

Kuliner dan cenderamata

Sayangnya, hampir tidak ada makanan khas yang dijual di Sumba. Bahkan, jarang sekali ada warung yang menjual makanan selain di pusat kota. Sebagian besar penduduk beragama Kristen, namun bukan hal sulit untuk menemukan makanan halal di sana. Jadi, sangat disarankan untuk membawa bekal dari kota jika ingin melakukan perjalanan wisata ke daerah terpencil.

Seperti diketahui, Sumba terkenal dengan kain tenunnya. Beberapa kampung adat juga merupakan penghasil ikat tenun terbaik. Sempatkan melihat proses tenun dan pewarnaan dengan menggunakan bahan alami yang didapat dari alam. Sekalian menambah wawasan juga, kan?

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum berlibur ke Pulau Sumba. Well, semoga liburannya menyenangkan, ya! (nap)

Share This Article