Catat! Begini Akses Traveling ke Pulau Kenawa | Breaktime
Catat! Begini Akses Traveling ke Pulau Kenawa
19.11.2017

Dari banyak daerah di Indonesia, masing-masing pasti memiliki andalan wisata sendiri dan termasuk salah satunya Sumbawa. Mungkin B’timers yang traveler tahu kalau Flores punya pulau Kanawa, nah, kalau Sumbawa itu memiliki Pulau Kenawa. Akses ke Pulau Kenawa ini pasti banyak yang mempertanyakan, karena tempat wisata satu ini memang punya spot yang memukau.

Jika ditelusuri secara geografis, maka Pulau Kenawa ini letaknya berada di sebelah utara Pelabuhan Pototano. Pelabuhan ini menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa yang ada di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sendiri kosong dan tidak berpenghuni.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Alam Borneo di Dusun Wisata Meliau

Di sini, kita hanya bisa melihat hamparan ilalang dan hijaunya rerumputan. Selain itu, di pulau ini juga ada sebuah bukit sebagai puncak tertingginya. Jika ingin mencapai puncak itu dan menapaki atasnya, cuma perlu waktu 30 menit untuk berjalan ke sana.

Catat! Begini Akses Traveling ke Pulau Kenawa  | Breaktime
Akses ke Pulau Kenawa membawa kita menuju surga di atas laut (cr. Dolandolen.com)

Jadi, kalau Anda ingin jalan-jalan ke Pulau Kenawa, awal perjalanan dimulai dari pelabuhan Pototano. Anda bisa berangkat pagi-pagi dari pelabuhan sini menuju ke Kenawa. Sebelum berangkat menyeberang, kita akan lebih dulu menuju ke perkampungan Pototano yang jaraknya hanya 500 meter dari pelabuhan.

Di sini nanti kalau sudah sampai, akan ada sebuah gapura besar yang menyambut Anda. Gapura ini merupakan pintu masuk dermaga, dari sinilah Anda berangkat menuju Pulau Kenawa. Ke Pulau Kenawa ini, kalau mau dan jika ada, Anda bisa ikut rombongan dan membayar Rp 20.000 per kepala. Nah, kapal di sini bisa memuat maksimal hingga sekitar 10 orang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Shu Villa; Penginapan Murah di Mandalika

Tapi, kalau memang sedang apes dan tak ada rombongan yang akan menyeberang sama sekali, jadilah akses ke Pulau Kenawa ini membuat Anda merogoh kocek antara Rp 350.000 – Rp 400.000 untuk biaya menyewa kapal.

Namun begini, ada sedikit trik kalau Anda sedang liburan low budget dan ingin menyiasati harga kapal yang terbilang tidak murah ini. Ingat kembali bahwa Pototano merupakan desa nelayan yang sering memancing di sekitar Pulau Kenawa. 

Catat! Begini Akses Traveling ke Pulau Kenawa  | Breaktime
Apa ada alasan untuk menolak akses ke Pulau Kenawa? (cr. Dolandolen.com)

Dengan bermodal komunikasi yang mumpuni, Anda bisa menumpang nelayan yang baik hati, biasanya mereka meminta imbalan Rp 50.000-an atau tak sampai Rp 100.000 untuk pulang pergi. Nah, untuk mencapai Pulau Kenawa sendiri, hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Budget Holiday ke Aneka Kawasan Eksotis FIlipina

Apa yang akan kita jumpai di sini? Terlihat air laut kehijauan tosca dan ada gradasinya menjadi warna biru muda. Gelombangnya pun sedikit serta bertiup angin yang sepoi-sepoi menemani perjalanan. Tampak dari kejauhan Pulau Kenawa dikelilingi pasir putih yang sangat cantik. Incredible.

Ada baiknya Anda langsung berlari menuju ke bukit yang ikonik seperti diceritakan tadi. Anda akan dibuat takjub menyaksikan pemandangan seluruh pulau dari atas puncaknya, semua terlihat jelas dari sana. Terlihat seluruh lanskap pulau dari ketinggian sini, bahkan tampak pantulan bukit-bukit nan gersang yang ada di pulau sekitar Kenawa di lautan. Semuanya terasa sempruna.

Catat! Begini Akses Traveling ke Pulau Kenawa  | Breaktime
Akses ke Pulau Kenawa lewat sebuah anjungan

Kalau merasa capek, tidak perlu khawatir karena sudah disediakan beberapa gazebo untuk beristirahat. Ini sekaligs menunjukkan bahwa pemerintah setempat mulai memberikan perhatian terhadap potensi wisata Pulau Kenawa ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Budget Holiday ke Aneka Kawasan Eksotis FIlipina

Seharian cukup untuk menghabiskan waktu di pulau penuh mimpi ini. Saat sudah mulai sore, Anda bisa menyeberang pulang dengan rute sama seperti akses ke Pulau Kenawa tadi, dan kembali ke Pototano. Oh, dan jangan lupa bawa kamera B’timers, ya. Sayang sekali kalau sudah jauh-jauh ke sini tanpa ada jepretan foto untuk diabadikan. Selamat jalan-jalan!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE