Cara Mudah Rencanakan Perjalanan untuk Traveling | Breaktime
Cara Mudah Rencanakan Perjalanan untuk Traveling
07.03.2016

Perjalanan wisata akan lebih menyenangkan bila telah direncanakan dengan matang sebelumnya. Selain terjadwal dengan baik, Anda tak perlu repot atau kebingungan harus melakukan apa atau pergi ke mana. Untuk itu, rencanakan perjalanan wisata bersama Breaktime, yuk!

Tentukan tempat dan waktu

Cara Mudah Rencanakan Perjalanan untuk Traveling | Breaktime
Kemana dan kapan Anda akan pergi?

Langkah pertama adalah menentukan ke mana Anda akan pergi berwisata, misalnya gunung, pantai, atau wisata kota. Anda bisa melakukan riset kecil dengan bantuan internet ataupun mendiskusikannya dengan mereka yang akan pergi berwisata bersama Anda.

Selanjutnya, pilih waktu yang tepat untuk berwisata. Long weekend dan high season memang menawarkan hari libur lebih banyak, tapi banyak pula traveler lain yang juga akan berwisata. Jadi, jika memungkinkan, pilih hari-hari low season untuk berwisata.

Terakhir, Anda bisa menentukan bagaimana cara menuju tempat tersebut dan apa saja yang harus dilakukan di sana. Hal ini, bisa Anda lakukan sendiri ataupun meminta bantuan dari agen travel. Meski lebih mahal, perjalanan Anda akan lebih terjamin.

Persiapkan logistik

Cara Mudah Rencanakan Perjalanan untuk Traveling | Breaktime
Siapkan keuangan dengan baik dan tepat

Selama perjalanan, Anda tentu membutuhkan beberapa barang atau kebutuhan. Pertama, siapkan dulu biaya yang dibutuhkan untuk berwisata. Jika memungkinkan, siapkan dana lebih untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu tak terduga. Jika tidak, potong rencana wisata Anda menjadi lebih singkat untuk menghemat biaya.

Selain menyiapkan biaya lebih atau memotong rencana Anda, Anda juga bisa melakukan riset di internet untuk menghemat budget. Anda bisa menemukan promo atau penawaran menarik dengan potongan harga melalui internet, termasuk tiket dan biaya penginapan.

Siapkan detailnya

Cara Mudah Rencanakan Perjalanan untuk Traveling | Breaktime
Perhatikan hal-hal kecil yang mungkin Anda butuhkan

Tak hanya tempat, waktu, dan logistik, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal kecil dengan matang. Misalnya saja kamera, pastikan baterai kamera terisi penuh dan bawa kabel charger jika perjalanan wisata Anda memakan waktu beberapa hari. Begitu pula dengan kabel charger untuk ponsel Anda.

Selain kamera, persiapkan juga camilan atau beberapa hal penting lainnya, seperti obat-obatan. Anda harus bersiap jika sewaktu-waktu sulit menemukan penjual makanan atau tiba-tiba sakit karena kelelahan. Untuk itu, pastikan Anda membawa camilan dan obat-obatan.

Selanjutnya, siapkan outfit yang sesuai untuk perjalanan Anda. Misalnya, jaket untuk menghalau cuaca dingin atau baju pantai jika Anda pergi berwisata ke pantai. Jangan lupa pula untuk membawa pakaian ganti dan pakaian dalam yang cukup.

Setelah merencanakan perjalanan wisata dengan matang, Anda bisa berangkat dengan tenang dan berwisata dengan nyaman. Selamat menikmati perjalanan Anda, B’timers! (dfr)

Share This Article