Cameron Highlands Jadi Wisata Tertua Di Malaysia | Breaktime
Cameron Highlands Jadi Wisata Tertua Di Malaysia?
22.01.2017

Siapa bilang Malaysia tidak punya wisata alam yang indah? Ini saatnya B’timers explore alam Malaysia yang ternyata menyimpan banyak surga tersembunyi. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah Cameron Highlands. Tempat ini letaknya berada di dataran tinggi dengan bukit terluas yang ada di Malaysia. Otomatis udara dan suasanannya pasti sejuk banget, B’timers.

Letaknya berada di Pegunungan Titiwangsa yang merupakan jajaran pegunungan yang membentuk tulang punggung Semenanjung Malaya. Pegunungan ini melintas sepanjang Thailand Selatan membentang ke tenggara dan berakhir di selatan tepatnya di Jelebu, Negeri Sembilan, Malaysia. Memiliki titik tertinggi yaitu 2.183 mdpl di Gunung Korbu.

Cameron Highlands punya luas 712 km. Jarak menuju Cameron Highlands jika dari Kuala Lumpur sekitar 200 km. Lumayan menempuh jarak yang cuku jauh sih, B’timers. Tetapi Anda akan disambut dengan pemandangan hamparan bukit yang mengesankan.

Cameron Highlands Jadi Wisata Tertua Di Malaysia | Breaktime
Bisa banget, kan buat foto-foto Instagramable? (Photo by Google)

Sebelum membahas wisatanya, Breaktime akan berikan bocoran sejarah Cameron Highlands. Ditemukan oleh Sir William Cameron pada 1885, pegunungan ini memiliki tiga pos, yaitu Ringlet, Tanah Rata, dan Ulu Telom. Semua terletak di ketinggian 1.100 mdpl sampai 1.600 mdpl. Cameron Highlands dikembangkan pada 1930an yang juga merupakan wisata alam tertua di Malaysia.

Banyak hal yang bisa B’timers lakukan di sana. Menikmati perkebunan, air terjun, sungai, danau, satwa liar, lapangan golf, jelajah hutan, museum, dan masih banyak lagi. Untuk penginapan Anda tak perlu khawatir. Namanya juga tempat wisata, di sana sudah banyak tersedia berbagai macam penginapan seperti hotel, resort, atau bungalow.

Bicara soal cuaca, tak ada yang bisa menandingi serunya cuaca dan udara di sana. Untuk suhu rata-rata tahunan sekitar 18°C. Pada siang hari, suhunya sangat jarang naik dan tidak lebih dari 25°C. Sedangkan saat malam hari, suhu di Cameron Highlands ini bisa mencapai 9°C.

Cameron Highlands Jadi Wisata Tertua Di Malaysia | Breaktime
Oke juga, nih buat piknik! (Photo by worldofwanderlust.com)

Nah, ketika berada di Cameron Highlands, Anda juga akan melihat sejarah perkembangan masyarakatnya yang terdapat di Time Tunnel Gallery. Cameron Highlands rupanya juga punya tempat yang terkenal dan jadi favorit para pelancong, yaitu Gunung Brinchang dan Tanah Rata.

Di Gunung Brinchang, Anda bisa menyaksikan pemandangan dataran tinggi yang tidak ada duanya. Di sana terdapat Mossy Forest yang cocok banget untuk B’timers pecinta petualangan. Karena Anda bisa melakukan jungle track yang dijamin seru banget deh. Tetapi, Anda juga harus wajib lapor saat akan melakukan trekking demi keamanan.

Nah, Breaktime tidak hanya membuat Anda penasaran, kok. Tetapi juga akan berikan tips bagaimana untuk bisa sampai di Cameron Highlands ini. Mudah saja B’timers, karena jalanan menuju tempat wisata ini sudah sangat baik jadi segala macam kendaraan bisa dengan aman dan nyaman saat melintas.

Cameron Highlands Jadi Wisata Tertua Di Malaysia | Breaktime
Nongkrong dengan pemandangan seperti ini, bagaimana? (Photo by Google)

Jika Anda berangkat dari Kuala Lumpur, maka ada dua jalan yang bisa Anda lewati, Tapah dan jalan raya baru di Simpang Pulai. Atau Anda bisa langsung menuju Pahang dengan kendaraan pribadi menuju ke utara dengan lama perjalanan sekitar 3,5 jam tanpa macet.

Kalau menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan bus dari Terminal Puduraya di Kuala Lumpur dan akan melewati Tanah Rata selama perjalanan. Kereta api juga bisa jadi solusi, lho B’timers. Anda bisa menuju kea rah Tapah. Sesampainya di Tapah Anda bisa menggunakan taksi atau bus untuk ke Cameron Highlands.

Pasti sudah penasaran, kan ingin cepat-cepat liburan ke Malaysia dan menikmati indahnya Cameron Highlands. Yup, memang Cameron Highlands jadi solusi yang tepat menghilangkan penat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE