Begini Wisata Bromo Tour Seru Nan Ekonomis | Breaktime
Begini Wisata Bromo Tour Seru Nan Ekonomis
06.09.2017

Gunung Bromo merupakan salah satu wisata alam terkenal di Provinsi Jawa Timur. Meski kini telah bermunculan berbagai tempat wisata menarik nan hits, popularitas Gunung Bromo tetaplah tak terkalahkan sebagai destinasi wisata andalan bagi yang menyukai kawasan wisata pegunungan. Gunung api aktif dengan ketinggian 2.932 mdpl ini cukup unik karena dikelilingi oleh hamparan lautan pasir seluas kurang-lebih 10 km2. Seperti umumnya kawasan gunung, suhu udara di sekitar Gunung Bromo bisa mencapai 20o hingga turun drastis ke 2o Celcius.

Berbeda dengan kawasan wisata gunung pada umumnya, Gunung Bromo ini terhitung cukup mudah diakses karena tidak terlalu tinggi. Apabila Anda merupakan pendaki pemula yang masih belum terlalu terbiasa dengan jalur pendakian yang ekstrem, Gunung Bromo merupakan destinasi wisata gunung ideal untuk menjajal kemampuan mendaki Anda. Meski terhitung mudah, ada beberapa tips yang perlu B’timers perhatikan dengan baik sebelum melakukan perjalananan Bromo tour Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hotel Di Batu Malang Murah Paling Instagramable

Hal utama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan berangkat ke Gunung Bromo ialah kapan waktu berkunjung yang tepat. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Bromo merupakan pada saat musim kemarau. Musim pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan musim kemarau, sebaliknya, merupakan waktu yang paling tidak tepat karena bisa jadi pagi hari terlihat terang benderang namun siang hingga sore hari akan turun hujan deras.

Tak hanya itu, panorama sunrise akan terlihat dengan cukup jelas pada waktu pagi hari saat musim kemarau. Bukankah memandang sunrise merupakan salah satu tujuan Anda datang ke Bromo? Tentunya sangat disayangkan apabila Anda datang pada saat yang tidak tepat dan melewatkan golden sunrise yang fenomenal tersebut. B’timers juga bisa lho menyesuaikan waktu kedatangan Anda dengan peristiwa upacara adat suku Tengger yang diadakan pada tanggal-tanggal tertentu di Gunung Bromo! Sekedar jaga-jaga, Anda juga perlu mengecek status aktivitas gunung api Bromo menjelang kedatangan Anda.

Begini Wisata Bromo Tour Seru Nan Ekonomis  | Breaktime
Liburan Bromo tour makin menyenangkan jika direncanakan matang (liburanbromomurah.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rencanakan Liburan Akhir Tahun Tanpa Bikin Bokek

Setelah memutuskan waktu liburan terbaik, tentukan juga sarana transportasi yang akan Anda gunakan. Medan yang cukup menanjak dan berliku di sepanjang jalan menuju kawasan lautan pasir Bromo tentu saja menuntut Anda untuk memilih kendaraan yang tepat, apa lagi kalau bukan mobil jeep. Biaya sewa jeep biasanya tergantung pada sejauh apa perjalanan dengan mobil jeep sewaan yang akan Anda tempuh. Misalnya, menyewa dari Wonokirti Pasuruan atau Cemoro Lawang Probolinggo akan jauh lebih murah daripada ketika Anda langsung menyewa jeep dari Malang atau Surabaya.

Tak hanya itu, biaya sewa mobil jeep akan lebih murah apabila Anda menyewa untuk banyak orang sekaligus. Karena itu perjalanan Bromo tour Anda akan jauh lebih terjangkau apabila dilakukan beramai-ramai. Beberapa agen perjalanan menyediakan pilihan tur kawasan Gunung Bromo dengan berangkat dari Malang dan mengunjungi Kawah Bromo, Pasir Berbisik, serta Pasir Berbisik dengan dibanderol sekitar Rp 1,3 juta.

Sebaliknya, apabila B’timers hanya melakukan perjalanan berdua, ada baiknya Anda menyewa sepeda motor saja agar lebih hemat. Apabila Anda tidak membawa motor sendiri, B’timers bisa menyewa jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Malang. Tanpa termasuk bensin, biaya sewa motor per hari biasanya dipatok sekitar 80 ribu Rupiah. Sesampainya di Gunung Bromo, Anda bisa juga menyewa kuda dari Pura Poten. Naik kuda menyeberangi lautan pasir akan lebih mengasyikkan, terutama apabila Anda enggan atau merasa tidak kuat berjalan kaki.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan

Apabila B’timers berangkat dengan menggunakan jeep sewaan, berangkatlah pada tengah malam agar Anda tidak melewatkan momen matahari terbit. Perjalanan dengan sepeda motor, sebaliknya, akan memakan waktu lebih singkat, sebagai contoh dari Malang ke Gunung Bromo hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam saja. B’timers yang takut kehilangan golden sunrise sebaiknya menginap di berbagai homestay yang tersebar di sekitar kawasan Gunung Bromo agar tidak tergesa mengejar momen matahari terbit. Selain itu, Anda juga tidak akan melakukan perjalanan yang cukup riskan di dini hari menuju kawasan Penanjakan. Sepanjang perjalanan Bromo tour, Anda juga akan dimanjakan dengan panorama pedesaan, sawah, dan hutan. Tak ketinggalan, pesanlah penginapan sejak jauh hari agar Anda tak kehabisan ya!

Setelah menentukan waktu berkunjung serta sarana transportasi yang paling pas, sekarang waktunya Anda menyiapkan perbekalan. Kondisi alam di kawasan Bromo yang cukup dingin membuat Anda memerlukan jaket dan baju tebal agar Anda tak terkena hipotermia. Siapkan juga kamera yang telah diisi daya hingga penuh serta bekal secukupnya. Selamat berlibur ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE