Begini Cara Traveling ke Danau Kelimutu
Begini Cara Traveling ke Danau Kelimutu
21.12.2015

Ibarat pepatah "banyak jalan menuju Roma", demikian pula dengan Kelimutu. Banyak jalan menuju danau eksotik di puncak Gunung Kelimutu ini.
B'timers bisa menuju Kelimutu dari beberapa arah, mulai dari kawasan barat Pulau Flores hingga kawasan timur. Dari arah barat, wisatawan bisa menempuh jalur darat dari Labuan Bajo.
Labuan Bajo merupakan kota pelabuhan sekaligus "pintu masuk" Flores dari kawasan barat. Wisatawan bisa menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Sape di Sumbawa atau pesawat terbang dari Denpasar yang turun di Bandara Komodo, Labuan Bajo.
Dari Labuan Bajo, wisatawan bisa menyewa mobil atau naik kendaraan umum menuju Ende. Sewa mobil merupakan pilihan terbaik mengingat angkutan umum di jalur Transflores masih sangat terbatas. Usahakan patungan atau share-cost untuk menekan biaya.
Perjalanan dari Labuan Bajo ke Ende cukup jauh dan lama, kurang lebih 9 jam. Jagalah kondisi fisik dengan banyak istirahat dan minum multivitamin agar tetap fit dan bugar saat tiba di Kelimutu.

Baca juga tentang: Misteri Tersembunyi Dibalik Danau-Danau Penghias Kelimutu

Rute lain menuju Kelimutu adalah melalui jalur udara Kupang - Ende, atau Kupang - Maumere dan dilanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih empat jam menuju Ende. Mayoritas wisatawan domestik maupun asing memilih jalur Labuan Bajo karena biasanya destinasi Kelimutu sudah masuk dalam paket perjalanan Sail Komodo dan Overland Flores.

Setelah tiba di Ende, wisatawan akan menuju Moni, desa kecil di kaki Gunung Kelimutu. Jarak Ende dan Moni kurang lebih satu sampai dua jam perjalanan. Terdapat beberapa penginapan sederhana di Moni bagi wisatawan yang ingin menginap di lokasi ini.

Wisatawan-menikmati-suasana-di-Danau-Kelimutu

Memasuki area Taman Nasional Kelimutu, wisatawan harus melakukan registrasi dan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 untuk turis domestik. Dari lokasi ini, kendaraan menuju tempat parkir sekaligus lokasi awal trekking menuju puncak Kelimutu.
Kondisi jalur trekking sudah sangat nyaman, berupa tanah padat, balok dan anak tangga dari semen. Juga terdapat beberapa tempat istirahat, toilet, dan tempat sampah. Waktu terbaik untuk mulai melakukan pendakian ke puncak Kelimutu adalah satu-dua jam sebelum matahari terbit, sehingga B'timers masih punya kesempatan untuk menikmati sunrise dari puncak Kelimutu.

 

Bagaimana Menuju Kelimutu?

Dengan asumsi keberangkatan jalur udara dari Jakarta, berikut rincian rute dan perkiraan biaya perjalanan menuju Kelimutu.
Penerbangan Jakarta ke Denpasar, banyak pilihan penerbangan setiap hari dengan kisaran harga Rp 500 ribu. Kemudian dilanjutkan penerbangan Denpasar - Labuan Bajo dengan harga sekitar Rp 1 juta. Tiba di Labuan Bajo, patungan sewa mobil kurang lebih Rp 500 ribu, dan tiket masuk Kelimutu Rp 10 ribu sehingga total biaya perjalanan one-way ke Kelimutu sekitar Rp 2,1 juta.

Planning Trip: Pemesanan Tiket Pesawat telah tersedia di Breaktime, klik disini

 

Smart Travel Tips

Ambil paket wisata yang menawarkan Sail Komodo dan Overland Flores, sehingga dalam sekali trip B'timers bisa mendapatkan banyak destinasi selain Kelimutu, diantaranya adalah Taman Nasional Komodo, Desa Adat Waerebo, Desa Adat Bajawa, serta Sawah Laba-laba di Manggarai. Lama perjalanan wisata ini biasanya antara lima sampai enam hari.

Baca juga tentang: Smart Travel Tips, Berburu "Foto Langka" di Danau Kelimutu

Share This Article