Bali Island Tour: Aturan Penting Backpacker! | Breaktime
Bali Island Tour: Aturan Penting Backpacker!
31.07.2017

Bali bukan hanya pulau yang menyediakan destinasi untuk kalangan kelas atas, tetapi juga surganya para backpacker. B’timers bisa menggunakan biaya minimalis untuk liburan menyenangkan di Bali. But wait, ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum Anda melakukan Bali island tour. Mengelilingi Pulau Bali memerlukan waktu yang bebas dan dana yang nggak sedikit. Tetapi dengan mencari banyak informasi tentang semua hal di Bali bisa meringankan budget liburan.

Mulai dari biaya hotel yang murah, transportasi di sana, makan, dan tiket masuk destinasi. Semua itu harus Anda ketahui dan buat rincian anggarannya. Setelah itu, Anda bisa memisahkan anggaran yang dibutuhkan. Misalnya anggaran untuk transportasi, makan, hotel, dan lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Melihat lebih dekat Eksotisme Pulau Bintan

Trik yang paling umum Anda ketahui adalah tidak melakukan perjalanan di saat peak season, seperti hari libur sekolah, hari besar, atau weekend. Namun, apapun harinya sebenarnya sama saja. Hanya selisih harga yang memang lumayan. Solusinya adalah tak perlu menginap di hotel mewah. Tujuan liburan ke Bali adalah untuk mengeksplor destinasi, bukannya tidur atau hanya berdiam diri di dalam kamar.

So, B’timers bisa pilih hostel, guest house, atau bed & breakfast dengan biaya sewa di bawah Rp 200 ribu. Ada beberapa pilihan akomodasi yang akan Breaktime rekomendasikan, seperti Hostel World The Eco Living dengan harga per orangnya Rp 75 ribu saja, Cafe Locca Homestay yang ada di Sanur dengan harga Rp 99 ribu per orang, atau The Happy Mango Tree dengan sewa Rp 100 ribu per orang.

Selanjutnya adalah pintar-pintar cari tempat makan. Ada banyak restoran dan tempat makan di Pulau Dewata. Namun, berhubung Anda sedang melakukan sistem low budget, jadi Anda harus tahu warung-warung makan terbaik dengan harga terjangkau.

Bali Island Tour: Aturan Penting Backpacker! | Breaktime
Nasi Pedas Bu Andika sasaran Bali island tour (jajalable.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resorts in Bali: Justin Bieber Nginep Di Sini!

Di Ubud dan Seminyak ada satu warung dengan harga satu porsinya hanya Rp 30 ribu, yaitu Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Warung ini sudah cukup populer di kalangan para turis. Kalau traveler suka makanan pedas, paling cocok adalah Nasi Pedas Bu Andika di Tuban. Modalnya nggak sampai Rp 50 ribu sudah kenyang. Kalau mau hemat lagi, Anda bisa tuh membawa mi instan dari rumah.

Nah, yang paling penting untuk melakukan Bali island tour adalah kendaraan. Di Bali memang tidak ada angkutan umum. Solusinya adalah dengan menyewa kendaraan atau jalan kaki. Namun, karena canggihnya teknologi saat ini, di Bali juga tersedia ojek online. Hanya saja Anda harus tahu bahwa meski tersedia ojek online, mayoritas tempat di Bali tidak akan mempersilahkan mereka masuk ke wilayahnya. Jadi, Anda harus benar-benar paham rambu ojek online di Pulau Dewata. Kalau mau sewa kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp 75 ribu per hari untuk sepeda motor.

Tak cukup hanya dana yang Anda pikirkan untuk liburan ke Bali. Pulau yang satu ini dikenal dengan masyarakat adatnya yang masih sangat kental dan taat peraturan. Jadi Anda harus tahu beberapa hal yang ternyata tak boleh dilakukan saat Anda liburan ke Bali. Apa saja, ya?

Pertama adalah menginjak dan melangkahi canang atau sesajen. Canang setiap hari dipersembahkan oleh umat Hindu Bali demi menghormati sang pencipta alam. Anda juga akan menemui canang ini dimana-mana.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengenal Sosok Maestro di Balik Tarian Bali

Memasuki tempat suci sembarangan juga dilarang. Beberapa tempat wisata di Bali memiliki aturannya sendiri. Misalnya jika Anda ingin berwisata ke pura atau rumah adat Bali harus menggunakan selendang (anteng) dan kain. Jadi, salah besar jika Anda menganggap hal tersebut adalah bisnis dan formalitas saja. Selain itu, saat berada di tempat wisata, khususnya tempat wisata religi yang dianggap suci, Anda juga tak boleh berulah. Ini karena masyarakat Bali sangat menjunjung tinggi kehormatannya.

Saat Anda memutuskan untuk tinggal lebih lama di Bali, tak boleh tinggal sembarangan. Anda harus membuat KTP sementara yang biasa dibuat oleh Kipem. Jika tidak dipatuhi, Anda bisa mendapatkan hukuman adat atau bahkan diusir.

Jadi, bukan hanya mencari informasi tentang dana yang harus dikeluarkan, B’timers juga harus tahu aturan adat di Bali sebagai rasa toleransi terhadap sesama masyarakat Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa lebih bijak dan tenang saat melakukan Bali island tour. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE