Backpacker Ke Pulau Kenawa, Pintu Surga Sumbawa | Breaktime
Backpacker Ke Pulau Kenawa, Pintu Surga Sumbawa
22.11.2017

Tak banyak mungkin di antara B’timers yang kenal dengan Pulau Kenawa. Para pelancong mengatakan bahwa pulau ini merupakan pintu menuju surga Sumbawa. Pulau kecil tak berpenghuni ini tak akan membuat Anda merasa berada di Nusa Tenggara Timur. Sebutan sebagai pulau tak berpenghuni mungkin masih layak untuk mereka yang datang beberapa tahun lalu. Bahkan para pelancong pun kesulitan akses untuk menuju ke sana. Bagaimana sekarang? Memang tak sehening dulu, tetapi lumayan untuk jadi tujuan liburan melepas penat. Khususnya bagi para pecinta kegiatan outdoor.

Backpacker ke Pulau Kenawa mungkin membutuhkan sedikit tenaga dan waktu untuk bisa sampai ke sana. Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa memesan tiket pesawat promo ke Bali, Lombok, atau Sumbawa. Sekarang sudah banyak jalan untuk bisa menuju Pulau Kenawa. Jadi, B’timers sudah lebih dimudahkan untuk ke sana.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menjelajahi Wisata Candi Terkenal di Indonesia

Anda bisa datang dari pelabuhan Pototano. Di sana ada kampung Tano, yang merupakan kampung nelayan. Tidak sulit untuk mencapi Pototano. Dari Mataram atau Lombok, Anda bisa menumpang angkutan yang disebut engkel dari Terminal Mandalika dengan biaya sekitar Rp 40 ribu – Rp 50 ribuan untuk menuju pelabuhan Kayangan. Jarak tempuhnya mencapai 2 – 3 jam. Tetapi, saat menaiki angkutan ini, sebaiknya Anda berhati-hati, karena ketika melihat ada pelancong yang naik supirnya akan seenaknya sendiri mematok harga.

Jika Anda dari Bali, maka harus pergi dulu ke Lombok melalui pelabuhan Padang Bai. Setelah itu, naik kapal ferry dengan biaya sebesar Rp 44 ribu per orang. Atau Anda juga bisa langsung menggunakan pesawat terbang menuju Lombok. Setibanya di Lombok barulah menuju Terminal Mandalika. Nah, saat sampai di pelabuhan Kayangan, Anda bisa kembali naik kapal ferry menuju Pototano, Sumbawa dengan biaya hanya Rp 19 ribu per orang.

Backpacker Ke Pulau Kenawa, Pintu Surga Sumbawa | Breaktime
Backpacker ke Pulau Kenawa (traveltodayindonesia.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo

Nah, setelah sampai di Pototano, untuk sampai ke Pulau Kenawa Anda tak bisa menggunakan public transport. Jadi, Anda harus menyewa kapal nelayan dengan harga tergantung berapa Anda menawarnya. Biasanya disewakan seharga Rp 200 ribu – Rp 350 ribu per unit untuk kapasitas 12 orang. Lumayan terjangkaulah untuk backpacker ke Pulau Kenawa.

Namanya saja pulau tak berpenghuni, jadi tak ada penginapan yang berdiri di Pulau Kenawa. Anda bisa membangun tenda di sana dan menikmati indahnya malam dipenuhi bintang. Anda bisa benar-benar menyatu dengan alam. Menyalakan api unggun, bersenda gurau bersama teman, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan saat jauh dari peradaban.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cantiknya Wisata Danau Untuk Keluarga Jawa Barat

Salah satunya adalah snorkeling saat pagi menjelang. Anda bisa melihat keindahan alam bawah laut yang masih bersih dan alami. Belum pernah tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Saat memilih Pulau Kenawa sebagai tujuan traveling, Anda tak akan pernah menyesal, bahkan akan memilih untuk kembali lagi.

Mungkin setelah ini akan semakin banyak backpacker ke Pulau Kenawa. Sebenarnya tak jadi masalah, asalkan kita mau merawat alam Indonesia dengan tidak merusak dan membuang sampah seenaknya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE