Tips Rencanakan Perjalanan Darat dengan Sempurna | Breaktime
4 Tips Rencanakan Perjalanan Darat dengan Sempurna
06.05.2016

Berwisata menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan penat. Perjalanan darat sering dipilih karena sangat mudah dilakukan, apalagi bila B’timers memiliki kendaraan pribadi. Namun, untuk merencanakan perjalanan darat bukanlah hal yang mudah. 4 tips ini akan mengubah hidup Anda menjadi seorang yang ahli dalam menaklukkan daratan dengan sempurna.

Rencanakan dengan bantuan app

Banyak app canggih membantu Anda merencanakan detail dari setiap perjalanan. B’timers dapat menggunakan Roadtrippers yang berbasis dengan Google Maps untuk mendeteksi rute maupun tempat peristirahatan sementara. Roadtrippers juga mencatat biaya bensin, waktu hingga jarak perjalanan. OnTheWay app dapat juga Anda andalkan untuk menemukan tempat peristirahatan, restoran, maupun wisata menarik dari sebuah kota yang Anda kunjungi.

Tips Rencanakan Perjalanan Darat dengan Sempurna | Breaktime
Smartphone akan membimbing Anda ke jalan yang benar

Ikuti ke mana arah angin

Meskipun B’timers sudah merencanakan hingga detail, bukan berarti Anda harus terfokus dan mengikuti semua yang telah Anda rencanakan. Ikuti saja arah ke mana hati Anda ingin berlabuh. Sepanjang perjalanan, B’timers akan menemukan beberapa tempat yang menarik untuk disinggahi. Coba hentikan kendaraan dan melihat-lihat sejenak. Siapa tahu tempat yang tidak terduga dan tidak ada dalam rencana justru memberikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan.

Siapkan budget pasti

Berpetualang biasanya akan membuat Anda lebih boros bila tidak diperhitungkan dengan baik. B’timers sebaiknya menetapkan budget pasti dan membaginya untuk beberapa kepentingan, seperti biaya bensin maupun makan. Untuk makan, Anda bisa mengandalkan tempat makan cepat saji yang sering memberikan diskon atau paket hemat. Membawa makanan sendiri juga menjadi solusi yang cerdas. Dengan begitu, Anda dapat lebih menekan anggaran untuk berwisata.

Tips Rencanakan Perjalanan Darat dengan Sempurna | Breaktime
Bawa bekal sendiri untuk perjalanan anti lapar sepanjang hari

Hilangkan bosan selama perjalanan

Mengendarai mobil atau naik transportasi umum memang menjenuhkan, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Pastikan B’timers membawa stok lagu-lagu ceria untuk menemani Anda selama perjalanan. Bila Anda membawa anak kecil berwisata, selalu bawa snack kesukaannya dan mainan yang membuatnya tidak rewel sepanjang perjalanan. Memberikan obat anti mabuk kendaraan juga dapat menjadi solusi agar perjalanan Anda tidak direpotkan dengan bersih-bersih.

Perjalanan bersama keluarga atau rekan jelas sangat ditunggu kehadirannya. Karena itu, pastikan perjalanan Anda selalu mendapatkan pengalaman yang menarik. B’timers tidak perlu mencari kesempurnaan dalam perjalanan, cukup nikmati prosesnya maka rasa bahagia akan muncul dengan sendirinya. Happy travelling, B’timers! (ft)

Share This Article